Upaya Menurunkan Turnover Melalui Peningkatan Kepuasan Kerja Pegawai di Rumah Sakit

DOI: 10.29241/jmk.v4i1.95

Author

Ria Chandra Kartika(1),
(1) STIKES Yayasan RS.Dr.Soetomo
Corresponding Author

Full Text

Full Text: View / Download PDF

Article Metrics

Abstract View : 595 times; PDF Download : 437 times

Abstract

ABSTRAK

Sumber daya manusia merupakan aspek yang berperan sangat penting terhadap
keberhasilan suatu pelayanan rumah sakit. Permasalahan yang sering terjadi dalam pengelolaan sumberdaya manusia adalah labour turnover. Labour turnover di RSIA NUN Surabaya pada tiga tahun terakhir melebihi standar yaitu sebesar 24,2-52,7%. Tingginya turnover dapat memberikan dampak negatif terhadap organisasi, baik dari segi biaya, sumber daya, dan organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap intention to leave di pelayangan kesehatan, Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional analitik dengan rancang bangun cross sectional. Besar sampel pada penelitian adalah 45 orang pegawai yang dipilih menggunakan teknik propotional random sampling. Analisis data menggunakan regresi
linear berganda. Hasil menunjukkan bahwa kepuasan kerja memiliki pengaruh negatif terhadap intention to leave pegawai di RSIA NUN Surabaya (p=0.000). Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kepuasan kerja maka semakin rendah intention to leave. Oleh karena itu, penting bagi rumah sakit untuk berupaya meningkatkan kepuasan kerja sehingga menurunkan intention to leave karyawan.

Kata Kunci: Kepuasan Kerja, Perputaran Pegawai, Keinginan Keluar


Keywords

Turnover Intention

References

Griffeth, R., Hom, P. W. & Gaertner, S., 2000. A Meta-analysis of Antecendents and Correlates of Employee Turnover : Update , moderator tests, and research implications for the next millenium. Journal of Management, Volume 26, p. 63–488.

Handoko, T., 2000. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Cetakan kelima belas ed. Yogyakarta: BPFE.

Malthis, L, R. & H, J., 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Muchinsky, P., 1997. Psychology Applied to Work. 5

ed. USA: Brooks/Cole Publishing,Co. th

Ostroff. 1992. The Relationship between Satisfaction, Attitudies, and Performance, An Organizational Level Analysis. Journal of Applied Psychology, 7(2), pp 963-947.

Robbins, S., 2006. Perilaku Organisasi. Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat. Robbins, S. & Judge, 2008. Perilaku Organisasi. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Toly, A., 2001. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Turnover Intention pada Staff Kantor Akuntan Publik. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 3(2), pp. 102-125.

Wexley & Yukl, 1997. Perilaku Organisasi dan Psikologi Personil. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.