Studi Hubungan Antara Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Unit Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Bhakti Dharma Husada

DOI: 10.29241/jmk.v3i1.86

Author

Eka Nurcahyanti(1),
(1) STIKES Yayasan RS.Dr.Soetomo Surabaya
Corresponding Author

Full Text

Full Text: View / Download PDF

Article Metrics

Abstract View : 2076 times; PDF Download : 4425 times

Abstract

ABSTRAK
Mutu pelayanan merupakan evaluasi yang difokuskan pada pengaruh persepsi konsumen terhadap dimensi-dimensi spesifik dari pelayanan.Kepuasan pasien merupakan indikator yang penting untuk pengukuran mutupelayanan pasien, karena ketidakpuasan petunjuk peluang untuk melakukan perbaikan. Saat ini, jumlah komplain pengguna layanan di Rumah Sakit Umum Daerah Bhakti Dharma Husada cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Bhakti Dharma Husada. Sebuah studi korelasional yang dilakukan dari bulan April sampai Juli, 2016. Kuesioner mutu pelayanan kesehatan dikembangkan dari “Brady dan Cornin” menggunakan tiga dimensi mutu pelayanan, mutu interaksi, mutu lingkungan fisik, dan mutu hasil. Kuesioner kepuasan pasien menggunakan Client Satisfication Quistionnare 8 (CSQ 8). Responden dalam penelitian ini adalah 155 pasien rawat inap di rumah sakit Umum Daerah Bhakti Dharma Husada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien (p = 0.000, n = 155, p hitung> 0,05). Hasil korelasi menunjukkan bahwa semakin tinggi mutupelayanan maka kepuasan pasien tinggi.


Keywords

Mutu Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien Rawat Inap, Studi Kolerasional

References

Brady, M.K., & Cronin J.J.J, 2001. Some New Thoughts on Conceptualizing Perceived Service Quality: A Hierarchical Approach. Journal of Marketing, Vol. 65, No. 3, pp. 34-49.

Lei, Ping & Jolibert, Alain, 2012. A Three-Model Comparison Of The

Relationship Between Quality, Satisfaction And Loyalty: An

Empirical Study Of The Chinese Healthcare System. Journal of BMC Health Services Research Vol.436, No.12, pp. 1472-6963.

Matsubaar et al. 2013. Reliability tests and validation tests of the client satisfaction questionnaire (CSQ-8) as an index of satisfaction with childbirth-related care among Filipino women. Journal of BIO

Med.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Eka Nurcahyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.