Profesionalisme Dokter dan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit dan Klinik Kota Malang

DOI: 10.29241/jmk.v8i2.1026

Author

Carissa Putri Irnanda(1), Albert Surya Wanasida(2),
(1) Universitas Pelita Harapan Jakarta, Indonesia
(2) Universitas Pelita Harapan Jakarta, Indonesia
Corresponding Author

Full Text

Full Text: View / Download PDF

Article Metrics

Abstract View : 533 times; PDF Download : 676 times

Abstract

Pandemi COVID-19 mengakibatkan penurunan jumlah kunjungan rumah sakit di Jawa Timur pada tahun 2020. Seiring dengan hal tersebut, beberapa rumah sakit di Kota Malang memiliki nilai indeks kepuasan pasien yang tidak memenuhi target pada tahun 2020-2021. Pada masa pandemi ini, profesionalisme dokter menjadi isu hangat di kalangan masyarakat, karena dokter dianggap mengambil keuntungan dengan mendiagnosis COVID-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari hubungan antara profesionalisme dokter terhadap kepuasan pasien.Penelitian kuantitatif observasional dengan desain potong lintang. Populasi target yaitu penduduk atau yang berdomisili di Kota Malang, Jawa Timur. Pengambilan data dengan media kuesioner secara daring pada bulan Februari hingga Maret 2022. Analisis statistik data dilakukan dengan aplikasi SmartPLS. Penelitian dilakukan terhadap 100 orang responden. Hasil penelitian menyatakan bahwa profesionalisme dokter memiliki hubungan yang signifikan terhadap kepuasan pasien (p=0,000). Profesionalisme dokter merupakan komponen penting untuk diprioritaskan oleh manajer untuk meningkatkan kepuasan pasien di rumah sakit dan klinik.

Keywords

Physicians professionalism, patient satisfaction, hospital, clinic

References

Alsarayreh, M. N., Mahasneh, M. S. M., & Nawaiseh, K. H. A. A. (2017). A Study of the Determinants Influencing Customer Satisfaction in the Medical Tourism Industry in Jordan. International Review of Management and Marketing, 7(3), 349-356. Available at: https://dergipark.org.tr/en/pub/irmm/issue/32110 /356037?publisher=http-www-cag-edu-tr-ilhan-ozturk

Batbaatar, E., Dorjdagva, J., Luvsannyam, A., Savino, M. M., & Amenta, P. (2017). Determinants of patient satisfaction: a systematic review. Perspectives in Public Health, 137(2), 89–101. https://doi.org/10.1177/1757913916634136

Bekti, R. S., Irnanda, C. P., & Soeharto, S. (2018). Teachers’ Perception Of Professionalism In Competency-Based Medical Education: Are There Any Differences? Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 7(1), 20. https://doi.org/10.22146/jpki.35538

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. (2021). Profil Kesehatan 2020. Surabaya. Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203

Hawthorne, G., Sansoni, J., Hayes, L., Marosszeky, N., & Sansoni, E. (2014). Measuring patient satisfaction with health care treatment using the Short Assessment of Patient Satisfaction measure delivered superior and robust satisfaction estimates. Journal of Clinical Epidemiology, 67(5), 527–537. https://doi.org/10.1016/j.jclinepi.2013.12.010

Hilkenmeier, F., Bohndick, C., Bohndick, T., & Hilkenmeier, J. (2020). Assessing Distinctiveness in Multidimensional Instruments Without Access to Raw Data – A Manifest Fornell-Larcker Criterion. Frontiers in Psychology, 11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.00223

Jalil, A., Zakar, R., Zakar, M. Z., & Fischer, F. (2017). Patient satisfaction with doctor-patient interactions: a mixed methods study among diabetes mellitus patients in Pakistan. BMC Health Services Research, 17(1), 155. https://doi.org/10.1186/s12913-017-2094-6

Kanter, M. H., Nguyen, M., Klau, M. H., Spiegel, N. H., & Ambrosini, V. L. (2013). What Does Professionalism Mean to the Physician? The Permanente Journal, 17(3), 87–90. https://doi.org/10.7812/tpp/12-120

Kessler, D. P., & Mylod, D. (2011). Does patient satisfaction affect patient loyalty? International Journal of Health Care Quality Assurance, 24(4), 266–273. https://doi.org/10.1108/09526861111125570

Mueller, P. S. (2015). Teaching and assessing professionalism in medical learners and practicing physicians. Rambam Maimonides Medical Journal, 6(2), e0011. https://doi.org/10.5041/RMMJ.10195

Popa, D., Druguș, D., Leașu, F., Azoicăi, D., Repanovici, A., & Rogozea, L. M. (2017). Patients’ perceptions of healthcare professionalism—a Romanian experience. BMC Health Services Research, 17(1), 463. https://doi.org/10.1186/s12913-017-2412-z

Pratiwi, R. D., & Putra, R. S. P. (2021). Pengaruh Pelayanan Prima terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan RSUD Labuang Baji Makassar. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 7(1), 30-44. https://doi.org/ 10.29241/jmk.v7i1.587

Radio Republik Indonesia. (2021). “Perhimpunan Rumah Sakit Jawab Tudingan ‘Meng-Covid-kan Pasien’. Available at http: //rri.co.id/nasional/peristiwa/1085255/perhimpunan-rumah-sakit-jawab-tudingan-meng-covid-kan-pasien. (Diakses: 1 Maret 2022)

Ratelle, J. T., Halvorsen, A. J., Mandrekar, J., Sawatsky, A. P., Reed, D. A., & Beckman, T. J. (2020). Internal Medicine Resident Professionalism Assessments. Academic Medicine, 95(6), 902–910. https://doi.org/10.1097/ACM.0000000000003114

Rumah Sakit Lavalette Malang. (2021). Indikator Mutu Nasional Tahun 2021. Available at http://lavalettehospital.com/indikator-mutu-nasional-tahun-2021. (Diakses: 1 Maret 2022).

Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar Malang. (2020). Laporan Kinerja Tahun 2020. Malang. Shirley, E. D., & Sanders, J. O. (2013). Patient Satisfaction: Implications and Predictors of Success. The Journal of Bone and Joint Surgery-American Volume, 95(10), e69-1–4. https://doi.org/10.2106/JBJS.L.01048

Taber, K. S. (2018). The Use of Cronbach’s Alpha When Developing and Reporting Research Instruments in Science Education. Research in Science Education, 48(6), 1273–1296. https://doi.org/10.1007/s11165-016-9602-2

Taibah, S. (2018). Dental professionalism and influencing factors: patients’ perception. Patient Preference and Adherence, Volume 12, 1649–1658. https://doi.org/10.2147/PPA.S172788

Tangdilambi, N., Badwi, A., & Alim, A. (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan RSUD Makassar. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 5(2), 165–181. https://doi.org/10.29241/jmk.v5i2.164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.