Kualitas Sistem Informasi Pelaporan Standar Pelayanan Minimal Instalasi Radiologi Berbasis Web (e-spmrad.com)
DOI: 10.29241/jmk.v8i2.972Author
Efriza Nur Romadhoni(1*), Bedjo Santoso(2), Darmini Darmini(3), Bambang Satoto(4), Gatot Murti Wibowo(5)(1) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya, Indonesia
(2) Magister Terapan Kesehatan Poltekkes Kemenkes Semarang, Indonesia
(3) Poltekkes Kemenkes Semarang, Indonesia
(4) Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro, Indonesia
(5) Magister Terapan Kesehatan, Poltekkes Kemenkes Semarang, Indonesia
(1*) Corresponding Author
Full Text
Full Text: View / Download PDFArticle Metrics
Abstract View : 581 times; PDF Download : 539 timesAbstract
ABSTRAK
Pengembangan laporan Standar Pelayanan Minimal (SPM) radiologi diharapkan dapat mempermudah dan mendukung proses pengambilan keputusan. e-spmrad.com sebagai sistem pelaporan SPM radiologi yang dikembangkan pada tahun 2021 ekuivalen sebagai pelaporan SPM radiologi, Namun dalam penelitian belum dilakukan analisis terhadap kualitas sistem, kualitas informasi dan kepuasan pengguna. Padahal, kualitas sistem dan kualitas informasi mempengaruhi kepuasan pengguna sistem terhadap penggunaan sistem informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis e-spmrad.com efektif terhadap kualitas sistem informasi dalam pelaporan standar pelayanan minimal instalasi radiologi. Desain penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di instalasi radiologi RSUI Madinah Kasembon Malang pada Bulan Februari- Juli 2021. Uji coba dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pre-eksperimen design dengan rancangan one group pre-post test. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan kualitas sistem, kualitas informasi dan kepuasan pengguna pada seluruh aspek sebelum dengan sesudah pemberian sistem baru (p-value ≤ 0,005). sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem informasi pelaporan standar pelayanan minimal instalasi radiologi efektif terhadap kualitas sistem informasi dalam pelaporan standar pelayanan minimal instalasi radiologi, terbukti nilai p-value adalah 0,005.
Keywords
References
Adriany F. (2012). Pengaruh Kepuasan Pengguna SIM-KAS terhadap Kinerja Individu (Studi Kasus pada Universitas Indonesia). JOM FKp.2:3-6.
Baker, T. (2018). Radiology review. Orthop. Nurs. 7, 36–37.
Bimaniar IM, Mawarni A, Agushybana F, Dharmawan Y. (2018). Pengaruh Presepsi Kemudahan Penggunaan dan Presepsi Kemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Kesehatan Ibu dan Anak. Jurnal Kesehatan Masyarakat.https://doi.org/10.14710/jkm.v6i5.22010
Jogiyanto, HM. (2005). Analisis & Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur, Teori, dan Aplikasi Bisnis, Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi.
KARS. (2017). Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi 1. Kemenkes. (2008). Kepmenkes RI Nomor 129/Menkes/SK/II/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta vol. 3.
Kemenkes. (2010). KMK No. 410 ttg Perubahan KMK No. 1014 Th 2008.pdf.
Kohar A, Putro HP. (2014). Ancaman Keamanan pada Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Jurnal UII. 114–20.
Mudiono D. (2018). Analisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit dengan Model Human Organization Technology (Hot-Fit) di RSU Dr. H. Koesnandi Bondowoso (Tesis). Universitas Jember.
Nance, J. W., Meenan, C. & Nagy, P. G. (2013). The Future of the radiology information system. Am. J. Roentgenol. 200, 1064–1070.10.2214/AJR.12.10326
Ningrum IR, Susilo H. (2017). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Univ Brawijaya. 47(1):165–71.http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1830
Ong, C.S., Day, M.Y., and Hsu, W.L. (2009). A Measurement of UserSatisfaction with Question Answering Systems. Information and Management, 46(7): 397-403.https://doi.org/10.1016/j.im.2009.07.004
Prasetyowati A, Kushartanti R. (2016). Pengaruh Faktor HOT ( Human , Organisasi , dan Teknologi) terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Primary Caredi Wilayah Kota Semarang. Jurmal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia. 63–7.https://doi.org/10.33560/jmiki.v6i1.188
Rahmaddian, T., Semiarty, R. & Lita, R. P. (2019). Evaluasi Implementasi Kebijakan Standar Pelayanan Minimal Unit Radiologi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Rasidin Padang. J. Kesehat. Andalas 8, 583.ttps://doi.org/10.25077/jka.v8i3.1045
Sanjaya I, Febian A. (2011). Pengukuran kesuksesan sistem informasi manajemen frekuensi (simf) dengan model delone dan mclean. 9(4):449–70.10.17933/bpostel.2011.090405
Setyo D, Rahmawati DA. (2015). Pengaruh kualitas sistem dan kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna. J Bisnis dan Ekon [Internet]. 6(1):1–11.
Sufiati et al et al. (2013). Analisis Dampak Implementasi Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Pada RSUD Dr.H.Moh. Anwar Sumenep). J. InFestasi 9, 103–114.https://doi.org/10.21107/infestasi.v9i2.548
Tuslaela, Permadi D. (2018). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi dan Mulut Berbasis Web dengan Metode Forward Chaining. Jurnal PROSISKO. 5(1).https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/586
Utami HDJRH, Arifudin R, Alamsyah A. (2019). Security Login System on Mobile Application with Implementation of Advanced Encryption Standard (AES) using 3 Keys Variation 128-bit, 192-bit, and 256-bit. Sci J Informatics. 6(1):34–44.10.15294/sji.v6i1.17589
Widyadinata Y, Toly AA. (2014). Kepuasan Wajib Pajak Pengguna E-Filing. Tax Account Rev. 4(1):1–13.https://publication.petra.ac.id/index.php/akuntansi-pajak/article/view/3114
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.