Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien JKN Dan Pasien Umum Terhadap Mutu Pelayanan Unit Rawat Inap: Literatur Review
DOI: 10.29241/jmk.v8i1.913Author
Andrias Feri Sumadi(1*), Ibnu Mardiyoko(2), Yanasta Yudo Pratama(3)(1) Politeknik Kesehatan Bhakti Setya Indonesia
(2) Politeknik Kesehatan Bhakti Setya Indonesia
(3) Universitas Gadjah Mada
(1*) Corresponding Author
Full Text
Full Text: View / Download PDFArticle Metrics
Abstract View : 1785 times; PDF Download : 987 timesAbstract
Banyak penelitian yang menunjukan bahwa kualitas layanan pada berbagai fasilitas kesehatan dipengaruhi oleh sumber pembiayaan. Hal serupa juga ditemukan di Unit Rawat Inap. Berbagai data menunjukan bahwa ada perbedaan layanan pasien antara pasien umum dan pasien JKN. Hal ini tentunya bertentangan dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia No.82 Tahun 2018 bahwa peserta JKN berhak mendapatkan layanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan medis yang diperlukan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membahas seberapa besar perbedaan tingkat kepuasan pasien JKN dan pasien umum terhadap mutu pelayanan di Unit Rawat Inap. Metode studi dilakukan dengan pendekatan Narative review yang bersumber pada database PubMed, Google schollar dan IJPHS. Terdapat 39.970 artikel yang ditemukan dengan kata kunci kepuasan pasien dan mutu layanan kesehatan; patient satisfaction and quality of health services. Selanjutnya artikel tersebut diidentifikasi, disaring, hingga diperoleh 5 artikel yang memenuhi kriteria untuk kemudian diulas secara mendalam. Secara garis besar terdapat perbedaan tingkat kepuasan pasien JKN dan pasien umum terhadap mutu pelayanan di Unit Rawat Inap. Perbedaan terletak pada kepuasan pada dimensi kehandalan/tangible, daya tanggap/ responsiveness, jaminan/assurance, peduli/empaty, dan bukti langsung/ reliability. Sebanyak 60% penelitian menunjukan adanya perbedaan dalam tingkat kepuasan antara pasien JKN dan pasien umum di Unit Rawat Inap dapat dijadikan evaluasi bagi Pelaksana Layanan Kesehatan sehingga tidak ada lagi perbedaan tingkat kepuasan pasien. Hal ini dikarenakan setiap pasien berhak mendapatkan layanan kesehatan yang sama sesuai dengan kebutuhan medisnya.
Keywords
References
Afandi, M. R., Setyowati, T., & Saidah, N. (2019). Dampak Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Pada Dira Cafe & Pool Pontang Ambulu Jember. Jurnal Penelitian IPTEKS, 4(1), 79. https://doi.org/10.32528/ipteks.v4i1.2111
Arlina, D., & Kurnia, R. N. (2016). The Difference of Satisfaction Level in BPJS Health Insurance Patient and Non Insurance Patient toward Health Service. International Journal of Public Health Science (IJPHS), 5(1), 36–40. http://ijphs.iaescore.com/index.php/IJPHS/article/view/4760
Ayune, A., Saragih, A., Manalu, E. D., & Ariani, P. (2020). Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan Pada Pasien Tuan Rondahaim Pamatang Raya. 2(1), 144–152. ejournal.delihusada.ac.id/index.php/JIKM/article/download/465/328
Haerani, Haerati, F. M. (2018). View of Comparison of Types of Inpatient Services for BPJS Patients and Non BPJS Patients with Patient Satisfaction Level. https://doi.org/https://doi.org/10.37362/jch .v2i1.238
Imelda, Nahrisah, & Ezzah. (2015). Analisis Tingkat Mutu Pelayanan Rawat Inap Dalam Upaya Peningkatan Kepuasan Pasien Di Rsup Adam Malik Medan (Studi Perbandingan Antara Pasien Umum Dan Pasien Bpjs). Peningkatan Kepuasan Pasien Di Rsup Adam Malik Medan ( Studi Perbandingan Antara Pasien Umum Dan Pasien BPJS ), 3(3), 1–43. http://ojs.amik-labuhanbatu.ac.id
Odi, S., Katarel, O., & Veronica, L. R. (2019). Perbedaan Kualitas Pelayanan Pada Pasien BPJS Dan Pasien Umum Rawat Inap di Rumah Sakit Muhammadiyah Medan Tahun 2019. JURNAL ILMIAH SIMANTEK. https://simantek.sciencemakarioz.org/index.php/JIK/article/view/71/70
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). A conceptual model of service quality and its implications for future research. Journal of Marketing, 49(4), 41–50.
Pratiwi, Sjahruddin, K., & Nursanti, A. (2014). Analisis Mutu Pelayanan Rumah Sakit dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Andini di Pekan Baru (Issue OKTOBER). https://media.neliti.com/media/publications/33657-ID-analisis-mutu-pelayanan-rumah-sakit-dan-pengaruhnya-terhadap-kepuasan-pasien-rum.pdf
Presiden RI. (2018). Peraturan Presiden (Perpres) No. 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan.
Sanastya Riska Ts, D. (2016). Perbedaan Kualitas Pelayanan Rawat Inap Pasien Pengguna BPJS dan Non BPJS di RSUD I.A.Moeis Samarinda. 4(1), 2420–2430. https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2016/02/JURNAL (02-17-16-05-11-13).pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.