Penerapan Malcolm Baldrige Terhadap Penanganan Covid-19 Puskesmas Kota Dumai Provinsi Riau
DOI: 10.29241/jmk.v8i1.879Author
Eka Wahyu Dainingsih(1*), Enimay Enimay(2), Budi Hartono(3)(1) Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat STIKes Hang Tuah Pekanbaru
(2) Program Studi Keperawatan STIKes Hang Tuah Pekanbaru
(3) Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat STIKes Hang Tuah Pekanbaru
(1*) Corresponding Author
Full Text
Full Text: View / Download PDFArticle Metrics
Abstract View : 512 times; PDF Download : 505 timesAbstract
Penanganan COVID-19 dipuskesmas termasuk pelayanan Kesehatan yang kepada public sehingga diperlukan pelayanan yang bermutu dari segala aspek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penanganan COVID-19 dan menentukan level puskesmas dengan motode Malcolm Baldrige di Puskemas Kota Dumai. Penelitian ini di lakukan pada bulan Agustus – Oktober 2021dengan menggunakan desain Cross Sectional. Populasi Penelitian ini adalah Tim COVID-19 di puskesmas. Jumlah sampel 129 dengan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan desain Kuantitatif analitik dimana di lakukan uji analisi univariat dan bivariat dengan nilai P = < 0,05. Variable independen adalah Kepemimpinan, Perencanaan Strategis, Fokus Pasien, Pengukuran, Analisis dan manajemen, Fokus pada tim, Fokus pada proses, dan Hasil Kinerja. Sedangkan Variabel dependent adalah pelaksanaan penanganan COVID-19 di Puskesmas. Pengumpulan data di lakukan melalui kuesioner yang dibagikan kepada responden. Mayoritas kategori kurang baik yaitu kepemimpinan 51,9%, perencanaan strategis 59,7%, fokus pada pasien 58,9%, pengukuran, analisis dan manajemen 70,9%, fokus pada tim 74,4%, fokus pada proses 75,2% dan hasil kinerja 51,9%. Observasi mayoritas penanganan Covid-19 kategori kurang baik 66,7%. Mayoritas terdapat hubungan antara Malcolm Baldrige dengan Penanganan COVID-19 (P = < 0,050). Hanya Fokus pada Proses yang tidak berhubungan (P = > 0,943) dengan penanganan COVID-19. Puskesmas kota Dumai perlu menganalisis Penanganan COVID-19 dengan motode Malcolm baldrige, sehingga puskesmas dapat memberikan pelayanan yang bermutu bagi publik.
Keywords
References
Aida mur rohmi. 2020. “Update, Berikut 15 Negara Yang Berlakukan Lockdown Akibat Virus Corona Artikel Ini Telah Tayang Di Kompas.Com Dengan Judul "Update, Berikut 15 Negara Yang Berlakukan Lockdown Akibat Virus Corona.” https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/22/183000465/update-berikut-15-negara-yang-berlakukan-lockdown-akibat-virus-corona?page=all.
Azwar azrul. 2004. Pengantar Admistrasi Kesehatan. Jakarta: Bina Rupa Aksara. https://kupdf.net/queue/pengantar-administrasi-kesehatan-azrul-azwar_5af343b4e2b6f55d409252cc_pdf?queue_id=-1&x=1539404110&z=MTI1LjE2Ni40NC4yMzA=.
Bezerra, Lucas Soares. 2021. “The Brazilian Unified Health System Organization of Services: Challenges and Demands in Times of COVID-19.” SOJ Complementary and Emergency Medicine 1(2): 1–3.
Citra Wiguna. 2018. “Penerapan Malcolm Baldrige Dalam Sistem Penilaian Kinerja Manajemen Bidang Kesehatan.” Jurnal Sistem Cerdas 1(1): 10–18.
Hasyimi, Muhammad Iqbal, and Renny Listiawaty. 2020. “Hubungan Fokus Proses Dengan Mutu Pelayanan di Peskemsas X Tahun 2020 Relationship Focusing on The Process with Quality of Service in Public Health Center X Year 2020.” 3(2).
Julita. 2001. “Menuju Kepuasan Pelanggan Melalui Penciptaan Kualitas Pelayanan.” Manajemen Dan Bisnis 01(01).
Keppres RI. 2020. “Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020 Tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).” Keputusan Presiden 2019(February 2019): 1–13. https://www.hukumonline.com/pusatdata/detail/lt5e785d26406a8/keputusan-presiden-nomor-9-tahun-2020.
Nusantari dkk. 2015. “Pengukuran Performansi Berdasarkan Malcolm Baldrige For Performance Excellence (MBCfPE) Pada Kriteria Pengukuran, Analisis Dan Manajemen Pengetahuan Di Hotel X.” Jurnal Online Institut Teknologi Nasional 03(2): 59–68. https://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/rekaintegra/article/view/749/949.
Paripurna I Gede dkk. 2021. “Pengaruh Kepemimpinan Dan Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Agung Automall Kuta.” E-jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 6(6): 2441–74.
Permatasari, Arini. 2017. “Analisa Konsep Perencanaan Strategis.” Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi 9(2): 13–17. http://jurnal.unnur.ac.id/index.php/jimia/article/view/27.
Prawira, Aryadi dkk. 2013. “Sistem Perangkat Lunak Untuk Internal Assessment Malcolm Baldrige Criteria For Performance Excellence (Kriteria 1 -Kepemimpinan) * Aryadi Septerawan Prawira, Sugih Arijanto, Cahyadi Nugraha.” Jurnal Online Institut Teknologi Nasional Oktober 1(2).
Purba dkk. 2021. “Pengaruh Kerjasama Tim Terhadap Upaya Pengurangan Risiko Infeksi Di Unit Rawat Inap Rumah Sakit.” health sains 2(4).
https://jurnal.healthsains.co.id/index.php/jhs/article/view/145/209.
Roberts, Micky, David R. Reagan, and Bruce Behringer. 2020. “A Public Health Performance Excellence Improvement Strategy: Diffusion and Adoption of the Baldrige Framework within Tennessee Department of Health.” Journal of Public Health Management and Practice 26(1): 39–45.
Silaen. 2016. “Pentingnya Kerja Sama Tim Dalam Menerapkan Budaya Keselamatan Pasien.” file:///F:/download internt/tugas maria k3rs p’oy 4 (1).pdf.
Sintari, Made Nita, and Anita Wahyu Novitasari. 2020. “Hospital’s Performance Measurement with Malcolm Baldrige Method.” Jph Recode 3(2): 108–19. https://e-journal.unair.ac.id/JPHRECODE/article/view/13419/pdf.
Suprayitno, Pemimpin Visioner Dalam Perubahan Organisasional. 2007. “Pemimpin Visioner Dalam Perubahan Organisasional.” Suprayitno 7(2): 115–23.
Wibowo, Adik. 2017. “Review Sistematik: Elemen-Elemen Utama Dalam Membangun Budaya Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit.” Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia 3(3): 231–38. http://jurnalkesmas.ui.ac.id/arsi/article/view/2227/764.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.