Evaluasi Pelayanan Rawat Jalan RS X pada Masa Pandemi Covid-19 melalui Segmenting, Targeting dan Positioning
DOI: 10.29241/jmk.v7i1.599Author
Reli Giusman(1*), Atik Nurwahyuni(2)(1) Minat Kajian Administrasi Rumah Sakit FKM Universitas Indonesia
(2) Departemen Kajian Administrasi Rumah Sakit FKM Universitas Indonesia
(1*) Corresponding Author
Full Text
Full Text: View / Download PDFArticle Metrics
Abstract View : 5653 times; PDF Download : 2343 timesAbstract
Pandemi Covid-19 membuat perubahan besar pada layanan rumah sakit klinik rawat jalan di Indonesia. Perubahan dalam layanan rawat jalan termasuk perubahan alur masuk rawat jalan sesuai protokol kesehatan dimana pasien harus memakai masker, melakukan prosedur skrining, dan membatasi pendamping pasien bahkan pemisahan layanan untuk pasien Covid-19 dan non-Covid-19. Dengan adanya perubahan tersebut, rumah sakit perlu mengembangkan strategi yang efektif untuk mempertahankan angka kunjungan klinik rawat jalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran evaluasi pelayanan rawat jalan di RS X tahun 2020 melalui segmenting, targeting dan positioning sebagai strategi ke depan.
Desain penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif, cross sectional dengan menggunakan sampel laporan survei pasien rawat jalan dan laporan kinerja pasien rawat jalan RS X tahun 2020.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelanggan rawat jalan Rumah Sakit X berdomisili di luar wilayah kecamatan rumah sakit (50,1%), pelanggan wanita terbanyak, dan penanggung biaya paling banyak pribadi (83,8%). Jumlah kunjungan rawat jalan selama pandemi mengalami penurunan sebesar 55,63%. Namun tetap saja meskipun banyak protokol baru yang dibutuhkan, kepuasan pasien terhadap pelayanan rawat jalan sebesar 97%, pelayanan kefarmasian rawat jalan sebesar 92,1% dan kesulitan mendapatkan tempat parkir pada saat kunjungan rawat jalan hanya 16,6%.
Dengan masih tingginya kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan RS X, manajemen disarankan segera menerapkan strategi yang tepat untuk meningkatkan jumlah kunjungan pasien rawat jalan selama pandemi ini.
Kata kunci: evaluasi rawat jalan, segmenting, targeting, positioningReferences
Abadi, F. M. C. P., Arso, S. P., & Fatmasari, E. Y. (2017). Strategi Pemasaran Pelayanan Rawat Jalan Eksekutif (Poliklinik Nusa Indah) Rsud Tugurejo Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(4), 43–50.
Hidayatullah, D., Nurwijayanti, N., & Farida, S. (2020). Analysis of Factors that Influence Communities in doing Re-Visit to Outpatient Installation of Praya Hospital Central Lombok. Journal for Quality in Public Health, 3(2), 292–299.
Kementerian Kesehatan RI. (2020). Panduan Teknis Pelayanan Rumah Sakit Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Kementerian Kesehatan RI.
Kotler, P & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran (Bob Sabran, Penerjemah., Edisi 13). Erlangga.
Kotler, P. & Armstorng, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Bob Sabran, Penerjemah., Edisi 12). Erlangga.
Mardiah, M., & Wahyu, S. (2019). The Role Of Hospital Marketing Mix To The Selection Of The Hospital Consumer. Proceedings of the International Conference on Applied Science and Health, 1065–1071.
Nainggolan, S. A. (2016). Gambaran Segmentasi Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Muhammadiyah Taman Puring Tahun 2016. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.
Najamuddin, S. P. (2018). Strategi Integrated Marketing Communication Dalam Rangka Peningkatan Jumlah Kunjungan Rawat Jalan Pada Poli Interna Di Rsu Hati Mulia Kendari. Universitas Airlangga.
Nursa, F., Hardisman, H., & Semiarty, R. (2019). Analisis Segmentasi dan Penentuan Target Pasar Pelanggan Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Universitas Andalas. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(3), 650–660.
Pusungunaung, S. W., Kolibu, F. K., & Rumayar, A. A. (2018). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Kembali Pelayanan Oleh Pasien Rawat Jalan Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Gmim Pancaran Kasih Manado. Kesmas, 7(4).
Putri, I. A., Arso, S. P., & Sriatmi, A. (2017). Analisis Pengukuran Kinerja Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Krmt Wongsonegoro Kota Semarang Dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(4), 60–68.
Rismawati, F. F., Wahyuni, S., & Widodo, J. (2019). Strategi Pemasaran Stp (Segmenting, Targeting, Positioning) Larissa Aesthetic Center Cabang Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 68–72.
Sulistiadi, W. (2020). Lockdown Marketing : Hospital Marketing Strategy Saat Dan Pasca Pandemi Covid-19. IKAMARS FKM-UI, TALK V.2. 10 MEI 2020.
Utami, L. W., Purwaningsih, P., & Ni’mah, L. (2019). Faktor yang Mempengaruhi Penilaian Terhadap Penurunan Tingkat Kunjungan Pasien di Instalansi Rawat Jalan. Fundamental and Management Nursing Journal, 2(2).
Wahyuni, N. P. . (2020). Analisis Produk Layanan Rawat Inap di RSUD Wangaya Denpasar Berdasarkan STP (Segmenting, Targeting, Positioning) dan 4 P (Product, Price, Place, Promotion). Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 6(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.