Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Perawat Di Rumah Sakit Tugu Ibu Depok
DOI: 10.29241/jmk.v6i2.453Author
Rina Veronica(1*)(1) Institut Kesehatan Indonesia
(1*) Corresponding Author
Full Text
Full Text: View / Download PDFArticle Metrics
Abstract View : 1624 times; PDF Download : 910 timesAbstract
ABSTRAK
Loyalitas karyawan sangat dibutuhkan dalam suatu perusahaan karena merupakan sikap mental karyawan yang ditunjukkan oleh sikap setia terhadap perusahaan. Sebuah perusahaan dengan tingkat loyalitas yang rendah merupakan ujian khusus bagi pengembangan sumber daya manusia karena hal tersebut dapat berdampak langsung pada perusahaan. Perawat merupakan garda terdepan dalam mutu dan kualitas yang diberikan kepada masyarakat dimana perawat selama 24 jam sehari siap siaga menjaga klien demi kesembuhannya. Pelayanan yang baik akan terbentuk dalam pribadi perawat jika perawat tersebut mempunyai komitmen yang baik juga sehingga terbentuk pula loyalitas perawat. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh faktor eksternal perawat terhadap loyalitas di RS Tugu Ibu. Desain penelitian ini menggunakan cross sectional. Populasi penelitian sebanyak 90 responden. Aplikasi analisis menggunakan smrtPLS 2.0 dan SPSS 18. Hasil penelitian menunjukkan variabel loyalitas di pengaruhi langsung gaya kepemimpinan (16,12%), konflik peran (13,92%), iklim kerja (20,86%), kepuasan kerja (12,80%), dan komitmen organisasi (18,17%). Kesimpulan dengan demikian iklim kerja paling mempengaruhi di RS Tugu Ibu Depok, dimana iklim kerja kondusif dapat memberikan pengaruh positif terhadap keberhasilan rumah sakit.
Kata Kunci: Loyalitas, Komitmen Organisasi, Iklim Kerja, kepuasan Kerja
ABSTRACT
Employee loyalty is needed in a company because it is an employee's mental attitude shown by a loyal attitude towards the company. A company with a low level of loyalty is a great challenge for human resource development because it may have a direct impact on the company. Nurses are at the forefront of determining the quality of health services provided to the community where nurses are ready 24 hours a day to look after the patients in recovery process. Good health services will be attained if the nurses have commitments which will develop the nurse's loyalty. The objective of this study was to determine the effect of external factors on loyalty at Tugu Ibu Hospital. This study used cross-sectional study . The population of this study was 90 respondents. For statistical analysis we used smrtPLS 2.0 and SPSS 18. The results showed that the loyalty variable was directly influenced by the leadership style (16.12%), role conflict (13.92%), work climate (20.86%), job satisfaction (12.80). %), and organizational commitment (18.17%). The study concluded that the work climate variable had the most influenceto the nurse’s loyalty variable at Tugu Ibu Hospital, Depok. Thus a conducive working climate can have a positive influence on theincreasing of nurse loyalty and affect the quality of hospital services.
Keywords: Loyalty, Organization Commitment, Working Climate, Job Satisfaction
Keywords
References
Adhian, N. (2015) Analisis Pengaruh Ketidakamanan Kerja dan Kepuasan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Kontrak PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Kramat Pattimura dan Unit Kerjanya. Universitas Indonesia.
Adi, P. . (2008) Analisis Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Loyalitas Karyawan di Perusahaan PT. Garudafood Divisi Biskuit-Gresik. Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga.
Adhian, N. (2015) Analisis Pengaruh Ketidakamanan Kerja dan Kepuasan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Kontrak PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Kramat Pattimura dan Unit Kerjanya. Universitas Indonesia.
Adi, P. . (2008) Analisis Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Loyalitas Karyawan di Perusahaan PT. Garudafood Divisi Biskuit-Gresik. Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga.
Alfa, L. R. . (2013) Hubungan Iklim Organisasi dengan Konflik Peran Ganda Sebagai Ibu Rumah Tangga dan Pekerja Pada Pegawai Negeri Sipil Wanita di Akademi Militer Magelang. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.
Anugrah, M. N. S. (2014) ‘Hubungan Antara Kepuasan Kerja Dengan Komitmen Organisasional Karyawan di PT. Sari Warna Asli Garment-Surakarta’, Jupe UNS, Vol.2. No.
Ardianto, N. . (2013) ‘Pengaruh Konflik Peran dan Ambiguitas Peran Terhadap Komitmen Organisasional dan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediator Pada Tenaga Pengajar Sekolah Musik Indonesia di Regional Tengah (Jogja dan Solo)’, Jurnal Ilmiah Managemen.
Ayu, S. L. dkk (2017) ‘Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Loyalitas Karyawan Pada PT. Gici Group Batam’, Jurnal Akuntansi dan Bisnis’, Jurnal Akuntansi dan Bisnis, Vol.7 No.
Carolina, W. S. D. (2017) ‘Analisa Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Loyalitas Karyawan Hotel X Bali’, Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, Vol.5 No.2.
Churiyah, M. (2007) ‘Pengaruh Konflik Peran (Role conflict) Terhadap Kepuasan Kerja Perawat serta Komitmen Pada Organisasi’, Jurnal Modernisasi, Vol.3 No.1.
Emilia, S. F. dan S. (2011) ‘Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Iklim Kerja Organisasi Pada PT. PLN Cabang Solok’’, Vol. X No.
Fatayani, S. (2014) Analisis Kepuasan Kerja dalam Meningkatkan Komitmen Organisasi Karyawan di Rumah Sakit Khusus Bedah Rawamangun Jakarta. Universitas Persada Indonesia (YAI).
Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handoko, T. H. (2012) Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
Hendrik, M. S. (2014) ‘Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Komitmen Organisasional dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Mitra Cimalati di Cilacap’, AGORA, Vol.2 No.1.
Kurniawan, H. dkk (2015) ‘Pengaruh Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja dan Kedisiplinan’.
Mustika, D. I. (2016) ‘Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Loyalitas Kerja Karyawan Hotel Benteng Pekanbaru’, Jurnal JOM FISIP, Vol.3 No.
Nursalam (2016) Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.
Rahmah, A. and Ranu, M. E. (2013) ‘Peran Budaya Kerja dan Iklim Kerja Terhadap Loyalitas Pegawai Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Lamongan’, Jurnal Administrasi Perkantoran, Vol. 1 No.
Ridlo, I. (2012) Turn Over Karyawan. Surabaya: PH. Movement Publication.
Runtu, J. (2013) ‘Whistelblowing Sebagai Ungkapan Loyalitas Karyawan: Peran Employability dan Ke beranian Moral Karyawan, Makalah dalam Konferensi Nasional Ke-6’, Makalah dalam Konferensi Nasional Ke-6. Fakultas Bisnis UKWMS.
Salindeho, L. C. (2016) ‘Analisis Pengaruh Iklim Kerja Dan Pengembangan Karir Terhadap Komitmen Karir Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening’, Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen’, Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, Vol.4 No.3.
Sinurat. E.J (2017) ‘Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Himawan Putra Medan’, Jurnal Ilmiah Methonomi, Vol.3. No.
Sugiyono (2013) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparyadi (2015) Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Suwatno and Juni, D. P. (2016) Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Tami, M. . (2015) ‘Pengaruh Konflik Peran, Kompensasi Finansial dan Kompensasi Nonfinansial Terhadap Loyalitas Karyawan (Studi Pada PT. Aston Graphindo Indonesia)’, Jurnal Ekonomi dan Bisnis.
Tri, U. . (2007) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Konflik Peran dan Ketidakjelasan Peran Serta Kinerja Karyawan di Lingkungan Dinas Pendapatan Kota Batam. Universitas Airlangga.
Usman, H. (2013) ‘Manajemen: Teori, Praktik dan Riset Pendidikan’, in Vol. 4 Cet. 1 (ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
Wibowo (2016) Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Graffindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.