Analisis Kepuasan Pelanggan Rawat Inap Puskesmas Berdasarkan Experiential Marketing

DOI: 10.29241/jmk.v1i1.45

Author

Muhammad Risya Rizki(1*)

(1) STIKES Yayasan RS.Dr.Soetomo, Surabaya, Indonesia
(1*) Corresponding Author

Full Text

Full Text: View / Download PDF

Article Metrics

Abstract View : 574 times; PDF Download : 524 times

Abstract

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun rekomendasi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan rawat inap Puskesmas Pasrepan Kabupaten Pasuruan berdasarkan experiential marketing yang terdiri dari sense, feel, think, act dan relate.Penelitian ini adalah penelitian survei.sampel dalam penelitian ini adalah pasien yang akan pulang setelah menjalani proses rawat inap di Puskesmas Pasrepan Kabupaten Pasuruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis pengalaman pasien terhadap sense, feel, think, dan act ada beberapa indikator akses dan proses pelayanan di Puskesmas Pasrepan yang memberikan pengalaman kurang baik kepada pasien diantaranya adalah keteduhan tempat parkir, cat dinding, kebersihan kamar mandi dan kelengkapan sarana non medis. Berdasarkan hasil analisis sense, feel, think, dan act cenderung berpengaruh terhadap relate pasien dalam hal memanfaatkan kembali layanan rawat inap dan melakukan advokasi kepada orang lain yang memerlukan layanan rawat inap. Meningkatkan loyalitas pelanggan dapat dilakukan dengan menyesuaikan sarana dan prasarana dengan standar yang ada dan dengan memperbaiki sense, feel, think, dan act pasien akan meningkatkan relate pasien terhadap rawat inap Puskesmas Pasrepan Kabupaten Pasuruan.


Keywords

Experiential marketing, loyalty, related, rawat inap puskesmas

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Muhammad Risya Rizki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.