Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa Semester 3 Program Studi Rekam Medik dan Informasi Kesehatan melalui Think Pair Share (TPS)

DOI: 10.29241/jmk.v1i1.42

Author

Sri Nawangwulan(1*)

(1) STIKES Yayasan RS.Dr.Soetomo, Surabaya, Indonesia
(1*) Corresponding Author

Full Text

Full Text: View / Download PDF

Article Metrics

Abstract View : 373 times; PDF Download : 474 times

Abstract

ABSTRAK

Salah satu model pembelajaran untuk usaha peningkatan kemampuan mengajar dosen adalah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan struktural dengan tipe Think-Pair-Share (TPS). Pada pembelajaran ini menekankan pada penggunaan struktur tertentu yang dirancang untuk mempengaruhi interaksi mahasiswa mampu lebih aktif dan bekerja sama dengan saling membantu dalam kelompok kecil. Tujuan penelitian ini adalah mempelajari peningkatan keaktifan mahasiswa melalui TPS pada mata kuliah Epidemiologi mahasiswa D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan STIKES Yayasan RS. Dr. Soetomo Semester 3.
Dari hasil analisis dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa rata-rata keaktifan mahasiswa dilihat dari 10 aspek nilai, 9 aspek meningkat, yaitu keaktifan mahasiswa terhadap jumlah pertanyaan mahasiswa, keaktifan terhadap kualitas pertanyaan mahasiswa, keaktifan mahasiswa terhadap cara mahasiswa menjawab pertanyaan dosen di kelas, keaktifan mahasiswa terhadap kepatuhan mengerjakan tugas meningkat, keaktifan mahasiswa dalam diskusi meningkat, keaktifan mahasiswa terhadap kegiatan kelompok meningkat, keaktifan mahasiswa dalam cara bertanya dan menjawab pertanyaan dalam diskusi juga meningkat, keaktifan mahasiswa dalam melengkapi buku pelajaran epidemiologi tidak meningkat yaitu tetap, perhatian mahasiswa pada keseluruhan jalannya perkuliahan meningkat dan prosentase kehadiran juga meningkat.


Keywords

Belajar, Think -Pair -Share, refleksi, keaktifan mahasiswa

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Sri Nawangwulan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.