Stimulasi Bauran Pemasaran Untuk Meningkatkan Minat Kunjungan ke Rumah Sakit Yadika Kebayoran Lama
DOI: 10.29241/jmk.v11i1.2219Author
Efiana Helfrida Lubis(1), Rustono Farady Marta(2*), Mufid Salim(3), Meifida Ilyas(4), Noviarti Noviarti(5)(1) Master's Student in Management, Faculty of Economics and Business, Universitas Satya Negara Indonesia, Jakarta, Indonesia & Deputy Director, Rumah Sakit Yadika Kebayoran Lama, Jakarta, Indonesia
(2) Communication Science Department, Faculty of Social Science and Political Sciences, Universitas Satya Negara Indonesia, Jakarta, Indonesia
(3) Program of Global Health & Health Security, Taipei Medical University, Taipei, Taiwan
(4) Lecturer in the Master of Management Program at the Faculty of Economics and Business, Universitas Satya Negara Indonesia (USNI), Jakarta, Indonesia
(5) Head of the Master of Management Program at the Faculty of Economics and Business, Universitas Satya Negara Indonesia (USNI), Jakarta, Indonesia
(2*) Corresponding Author
Full Text
Full Text: View / Download PDFArticle Metrics
Abstract View

Abstract
Persaingan dalam sektor layanan kesehatan semakin meningkat, sehingga rumah sakit perlu menerapkan strategi pemasaran yang efektif untuk menarik dan mempertahankan pasien. Rumah Sakit Yadika Kebayoran Lama (RSYKL) mengalami variasi dalam jumlah kunjungan pasien meskipun telah menawarkan layanan medis yang kompetitif. Faktor dalam bauran pemasaran, khususnya Product, Price, Place, dan Promotion (4P) sebagaimana dikemukakan oleh Kotler, diduga memiliki pengaruh terhadap keputusan pasien dalam memilih layanan kesehatan. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana faktor bauran pemasaran berkontribusi terhadap minat kunjungan pasien ke RSYKL. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei terhadap 71 pasien menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor 4P secara keseluruhan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat kunjungan pasien. Secara individual, variabel Product, Price, dan Place berpengaruh secara signifikan, sementara Promotion tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap minat kunjungan pasien.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Minat Kunjungan Pasien, Pelayanan Kesehatan
Keywords
References
Agung, H., Farady Marta, R., & Christanti. (2021). Dampak Strategi Pemasaran Digital Shopee Terhadap Pembelian Impulsif Produk Kesehatan Selama Pandemi Di Indonesia. Communication, 12(2), 122-131.
https://doi.org/10.36080/comm.v12i2.1500 Ekawati, D. (2022). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Ulang Ruang Rawat Inap di Rumah Mitra Anugrah Lestari (RS. MAL) Cimahi Ditinjau dari Aspek Bauran Pemasaran 7P. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5337-5350. Febiana, C., Wijayanti, A. P., Winarti, W., Hanafi, M., Al, P., & Bandung, I. (2024). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien. Coopetition Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(2), 329-337.
https://doi.org/10.32670/coopetition.v15i2.4404 Ginting, C. N., Kurnia, M. A., & Putra Zai, Z. J. (2023). The Influence of Service Marketing Mix on the Revisitation Intention of BPJS Inpatient Patients at Royal Prima Marelan General Hospital. International Journal of Multidisciplinary Research and Analysis, 06(10).
https://doi.org/10.47191/ijmra/v6-i10-22 Hempton, R. W. and B. M., & Komives, J. P. D. and S. R. M. (2008). Cultural Differences: Why Do Asians Avoid Extreme Responses? Survey Practice, 1(3), 1-7.
https://doi.org/10.29115/SP-2008-0011 Indonesia. Kementerian Kesehatan RI. Sekretariat Jenderal. (2024). Profil Kesehatan Indonesia tahun 2023. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Junaidi, M. A., & Sulistiadi, W. (2020). Marketing Mix Vs Loyalitas Pasien: Studi Literatur. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 6(2), 59-66.
https://doi.org/10.7454/arsi.v6i2.2862 Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Marketing Management, Global Edition (16th ed.). Pearson Education. https://books.google.co.id/books?id=eb6GEAAAQBAJ Lestari, P., & Rindu. (2018). Hubungan Pemasaran Rumah Sakit (Marketing Mix 7P) terhadap Tingkat Kunjungan Pasien. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 7(2).
https://doi.org/10.33221/jikm.v7i02.114 Lorenza, L. T., & Trisna, W. V. (2021). Analisis Marketing Mix (Bauran Pemasaran) Dalam Meningkatkan Penggunaan Tempat Tidur Di Rumah Sakit Tandun Tahun 2019. Jurnal Rekam Medis (Medical Record Journal, 1. https://doi.org/10.25311/jrm.Vol1.Iss1.332 Mahara, E. (2021). Hubungan Bauran Pemasaran terhadap Minat Kunjung Ulang Pasien Umum di RSU Mitra Medika Amplas Medan. Februari, 4(1), 26-38.
https://doi.org/10.33085/jrm.v4i1.4955 Marta, R. F., Saliman, T., Shinta, H. E., Desyana, F., & Salim, M. (2022). Frekuensi Menonton Pemberitaan Televisi tentang Kematian Akibat COVID-19 Berkontribusi pada Kecemasan Mahasiswa di Kota Tangerang. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 20(01), 85-97.
https://doi.org/10.46937/20202239815 Mohd Isa, S., Lim, G. S. S., & Chin, P. N. (2019). Patients' intent to revisit with trust as the mediating role: lessons from Penang Malaysia. International Journal of Pharmaceutical and Healthcare Marketing, 13(2), 140-159. https://doi.org/10.1108/IJPHM-10-2017-0056
https://doi.org/10.1108/IJPHM-10-2017-0056 Nisa, I., & Mudayana, A. A. (2019). Hubungan Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pasien Memilih Unit Rawat Jalan di Rumah Sakit Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. https://eprints.uad.ac.id/14768/1/T1_1500029347_NASKAH%20PUBLIKASI.pdf Salim, M., Rosdian, E.D.S., Marta, R. F. (2022). Digital Marketing Communication to Increase CRSL Store Brand Awareness. Medium. 9(2). 242-262 https://doi.org/10.25299/medium.2021.vol9(2).8800 Salim, M., Wahyuni, N., Marta, R. F., Hariyanti, N., & An Nur, F. (2022). BPJS Kesehatan's interpersonal communication goals in handling participant complaints. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 21(01), 1-16. https://doi.org/10.46937/21202341327 Sari, N., Marta, R. F., Angreani, N., Harry, & Perkasa, M. I. A. (2021). Menakar loyalitas konsumen berdasarkan persepsi nilai dan kepercayaan merek geprek bensu. Soetomo Communication and Humanities, 2(2), 75-85.
https://doi.org/10.25139/sch.v2i2.4078 Shalamah, U. H., & Indrawati, F. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Minat Kunjungan Ulang di Balai Kesehatan Masyarakat. HIGEIA Journal of Public Health Research and Development, 5, 145-157. https://doi.org/10.15294/higeia/v5i1/35334 Udju, A., Romeo, P., & Kenjam, Y. (2021). The Correlation between Marketing Mix and Customer Satisfaction in the General Poly Unit at Bhayangkara Hospital, Kupang. Journal of Community Health, 3(3), 103. https://doi.org/10.35508/ljch Waiman, E., & Achadi, A. (2022). Implementasi Bauran Pemasaran Rumah Sakit di Era Pandemi COVID-19 Sebuah Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia, 5(5), 475-481. https://doi.org/10.31934/mppki.v2i3 Wijaya, S., & Adriansyah, A. A. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Marketing Mix 9P terhadap Kepuasan Pelayanan Klinik Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr.Soetomo, 6(1), 1-8.
https://doi.org/10.29241/jmk.v6i1.279
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Efiana Helfrida Lubis, Rustono Farady Marta, Mufid Salim, Meifida Ilyas, Noviarti Noviarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.