Analisis Sistem Grafik Barber Johnson Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan dalam Meningkatkan Pelayanan dan Pemasaran Rumah Sakit
DOI: 10.29241/jmk.v11i1.2210Author
Muh Amin(1*), Yuni Indrawati(2), Zaenal Arifin(3)(1) Prodi D3 RMIK Akademi Kesehatan Muhammadiyah Temanggung, Indonesia
(2) Prodi D3 RMIK Akademi Kesehatan Muhammadiyah Temanggung, Indonesia
(3) Prodi D3 RMIK Akademi Kesehatan Muhammadiyah Temanggung, Indonesia
(1*) Corresponding Author
Full Text
Full Text: View / Download PDFArticle Metrics
Abstract View

Abstract
Saat ini rumah sakit wajib menyelenggarakan rekam medis elektronik (RME), melaksanakan RME dapat meningkatkan profesionalisme dan kinerja manajemen rumah sakit. RME mampu menampilkan rekaman kegiatan operasional secara real-time termasuk informasi efisiensi hunian tempat tidur dengan parameter BOR, AvLOS, TOI dan BTO disajikan dalam grafik Barber Johnson. Analisis grafik Barber Johnson diharapkan dapat menjadi bahan pengambilan keputusan sebagai bahan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Tujuan penelitian menganalisis nilai beberapa indikator diantaranya adalah efisiensi penggunaan tempat tidur, mendiskripsikan berdasarkan grafik Barber Johnson untuk meningkatkan mutu pelayanan dan penetapan strategi bauran pemasaran. Metode penelitian menggunakan mixed methods, desain sequential explanatory. Pengumpulan data dengan data primer yaitu rekapitulasi nilai sensus harian rawat inap tahun 2022 dan wawancara mendalam. Hasil penelitian bahwa nilai BOR 55,96%, AvLOS 3,05 hari, TOI 2,40 hari, dan nilai BTO 66,90 kali di tahun 2022. Titik koordinat pada TOI=2.4; AvLOS=3.05, berada di luar daerah efisien artinya penggunaan tempat tidur di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Temanggung pada tahun 2022 belum efisien. Efisiensi dan efektifitas layanan dengan bauran pemasaran, dari produk menjadikan produk andalan, meningkatkan mutu produk dan menciptakan produk unggulan, dari harga strategi penetapan harga, dari promosi meningkatkan komunikasi pemasaran, dari lokasi yaitu lokasi mudah dijangkau dan di akses, dari orang meningkatkan profesionalisme SDM untuk meningkatkan pelayanan.
Keywords
References
Agustriyani, N., & Rohman, hendra. (2019). Implementasi kebijakan terhadap efisiensi penggunan tempat tidur di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Prosiding Seminar Manajeme Informasi Kesehatan Nasional , 15-22. Argina, M., Prasetyowati, A., Murnita, R., & Asmorowati, A. (2020). Analisis Trend Penggunaan Tempat Tidur di RS Panti Wilasa Citarum Semarang Tahun 2015 - 2019. Molecules, 2(1), 1-12. http://clik.dva.gov.au/rehabilitation-library/1-introduction-rehabilitation
https://doi.org/10.36419/avicenna.v3i2.400 Arismen, Sulistiadi, W., & Chalik, A. (2019). Srategi Bauran Pemasaran Pelayanan Kesehatan RSD Kol. Abundjani Bangko di Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 5(2), 97-103. https://doi.org/10.7454/arsi.v5i2.3173 Defiyanti, R. S. P., Setiatin, S., & Susanto, A. (2021). Analisis Trend Dan Grafik Barber Johnson Pada Efisiensi Tempat Tidur Di Rumah Sakit X Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 6(2), 119- 130.
https://doi.org/10.52943/jipiki.v6i2.576 Dinia, M. R., Nudji, B. (2017). Perancangan Ulang Tata Letak Ruang Unit Rekam Medis dalam Peningkatan Produktivitas Kerja di Rumah Sakit Paru Surabaya. Jurnal Manajemen Kesehatan, 3(2), 39-48. https://doi.org/10.29241/jmk.v3i1.78 Heningnurani, A. Y. (2019). Strategi Pemasaran RSUD H Abdul Manap Kota Jambi. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 5(3), 153-164.
https://doi.org/10.7454/arsi.v5i3.2897 Kementrian Kesehatan RI. (2009). UU no. 44 Tahun 2009 Tentang RS. Undang- Undang Republik Indonesia, 1, 41. https://peraturan.go.id/common/dokume n/ln/2009/uu0442009.pdf Lestari, P., & Rindu, R. (2018). Hubungan Pemasaran Rumah Sakit (Marketing Mix 7P) terhadap Tingkat Kunjungan Pasien. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 7(02), 120-130.
https://doi.org/10.33221/jikm.v7i02.114 Maulana, N. (2020). Menelisik Strategi Pemasaran Rumah Sakit Menggunakan Market Based-Management. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(3), 374.
https://doi.org/10.38043/jmb.v17i3.2527 Menteri Kesehatan RI. (2020). Standar Profesi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan. Molecules, 2(1), 1-12. http://clik.dva.gov.au/rehabilitation-library/1-introductionrehabilitation Ndumele, C. D, Cohen, M.S, Solberg, M, Lollo, A, Wallace, J. (2021). Characterization of US Hospital Advertising and Association With Hospital Performance, 2008 - 2016. Jama Network Open.4(7), 1-11. https://doi.org/10.1001/jamanetworkopen.2021.15342 Permenkes RI No. (2022). Rekam Medis. Braz Dent J., 33(1), 1-12. Rahma, N., Budi, I. S., & Najmah. (2014). Hubungan Bauran Pemasaran Terhadap Pemanfaatan Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Pelabuhan Palembang. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat Volume, 5(1), 43-48. https://media.neliti.com/media/publications/57944-ID-correlation-between marketing-mix-and-th.pdf Retnaningtyas, S., woro utami, E., & Hasyim, M. (2016). Persepsi Pasien terhadap Bauran Pemasaran Rumah Sakit dan Pilihan Rumah Sakit. Jurnal Kedokteran Brawijaya, 29(3), 305-309. https://doi.org/10.21776/ub.jkb.2016.029.03.12 Safi, A., & Sulistiadi, W. (2020). Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pasien yang diperoleh dari tingkat kunjungan pasien ke rumah sakit : Literature Review Effect of Marketing Mix on Patient Satisfaction obtained from the Rate of Patient Visits to the Hospital : Literature Review. Jurnal ARSI, 7(1), 1-9.
https://doi.org/10.7454/arsi.v7i1.3675 Widiyanto, W., & Wijayanti, R. A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Bed Occupancy Rate (BOR) di Rumah Sakit Mitra Medika Kabupaten Bondowoso. J-REMI : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 1(4), 529-536.
https://doi.org/10.25047/j-remi.v1i4.2060
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Muh Amin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.