Instrumen Manajer Pelayanan Pasien berbasis STARKES Dalam Meningkatkan Pelayanan Keperawatan : Sistematik Review
DOI: 10.29241/jmk.v10i1.1840Author
Nurul Eko Cahyanti(1*)(1) Airlangga University
(1*) Corresponding Author
Full Text
Full Text: View / Download PDFArticle Metrics
Abstract View : 289 times; PDF Download : 247 timesAbstract
Manajer pelayanan pasien (Case Manager) adalah seorang koordinator, fasilitator, pemberi advokasi, dan juga educator. Pelaksanaan peran manajer pelayanan pasien yang tidak optimal akan menyebabkan terhambatnya pelayanan keperawatan hal ini berkesinambungan dengan penilaian kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehetan. Tujuan penelitian ini adalah melakukan telaah sistematik mengenai pengembangan instrument manajer pelayanan pasien untuk meningkatkan pelayanan keperawatan. Metode penelitian ini adalah menggunakan literatur review. Proses penyeleksian artikel dilakukan menggunakan PICOS . pencarian literatur melalui database dengan kriteria kualitas tinggi dan sedang, yaitu Scopus, ProQuest, PubMed, dan Google Scholar. Sebelum melanjutkan pada pencarian artikel atau jurnal harus menggunakan dan boolean operator (AND, OR NOT or AND NOT). Kata kunci yang digunakan dalam pencarian literatur ini adalah sebagai berikut, "manajer pelayanan pasien" , "Manajer pelayanan pasien", "quality", "outpatient", “instrument”, “manajer pelayanan pasien” , "role manajer pelayanan pasien", "standart kesehatan" . Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah terdapat Sebanyak 217 artikel ditemukan, berasal dari empat database: 5 Scopus, 113 ProQuest, 83 PubMed dan 16 Google schoolar. Hasil pemilihan artikel sesuai dengan kriteria inklusi 15 artikel, Kesimpulan dari proses analisis artikel ini adalah perlunya pengembangan instrument yang mudah untuk menunjang fungsi dan tugas manajer pelayanan pasien.
Kata kunci : Instrument, Kualitas, Manajer pelayanan pasien,
Keywords
References
Alodan, A. et al. (2020) ‘Studying the Efficiency of Waiting Time in Outpatient Pharmacy’, MethodsX, 7, p. 100913. Available at: https://doi.org/10.1016/j.mex.2020.100913.
Angeline, E.K. (2021) ‘Optimalisasi fungsi manajer pelayanan pasien dalam Patient Centered Care pada pasien Stroke di rsud cilacap’, Jurnal Manajemen: Untuk Ilmu Ekonomi dan Perpustakaan, 4(1), pp. 141–149.
Chandra, M., Novieastari, E. and Nuraini, T. (2021) ‘The experiences of newly-appointed case managers’, Enfermeria Clinica, 31, pp. S50–S53. Available at: https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2020.10.017.
Fajrin, K., Haeruddin and Ahri, R.A. (2021) ‘Faktor yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan Pasien di RSUD Kota Makassar’, Window of Public Health Journal, 2(3), pp. 1214–1222. Available at: https://doi.org/10.33096/woph.v2i3.242.
Ferrario, L. et al. (2021) ‘The Italian Answer To Prep Topic: Evidence From A Multi-Centre HTA Study’, Value in Health, 20(9), p. A800. Available at: https://doi.org/10.1016/j.jval.2017.08.2375.
Garrett, M.B. (2019) ‘Incorporating Patient-Centeredness into Case Management Practice: Concepts, Interventions, and Measurement’, Professional Case Management, 24(1), pp. 17–25. Available at: https://doi.org/10.1097/NCM.0000000000000323.
Hakim, L. (2018) ‘Pengaruh Peran Case Manager Berbasis Spiritual Islami Terhadap Kepuasan Pasien’, Tesis. Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya., p. 183.
Indrian, R. (2018) ‘Implementation of Case Management in Improving Quality of Service in Islamic Hospital Purwokerto (Case Study Patient DM Type II)’, Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit, 7(2), pp. 144–151. Available at: https://doi.org/10.18196/jmmr.7267.
Jinjoo and Seieun (2017) ‘Nurse Case Managers’ Experiences on Case Management for Long-term Hospitalization in Korea’, Asian Nursing Research, 11(4), pp. 283–289. Available at: https://doi.org/10.1016/j.anr.2017.11.002.
Kepmenkes RI (2022) ‘Standar Akreditasi Rumah Sakit Berdasarkan KMK 1128’, Keputusan Menteri Kesehatan, pp. 1–342.
Kustriyani, M. (2018) ‘Pelaksanaan Manajemen Konflik Interdisiplin Oleh Case Manager Di Ruang Rawat Inap Rsud Tugurejo Semarang, Tesis Program Studi Magister Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang’.
Mardean, Y. et al. (2021) ‘Optimalisasi Pendokumentasian Case Manager Rumah Sakit Tipe A Di Jakarta’, Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, 4(1). Available at: https://doi.org/10.32584/jkmk.v4i1.865.
Muliarini, P., Saputra, Y. and Sumarsono, E. (2021) ‘Case Management Untuk Pelayanan Rumah Sakit Yang Adil Dan Bermutu’, The Journal of Hospital Accreditation, 3(2), pp. 101–107. Available at: https://doi.org/10.35727/jha.v0ixx.84.
Oh, J. and Oh, S. (2019) ‘Nurse Case Managers’ Experiences on Case Management for Long-term Hospitalization in Korea’, Asian Nursing Research, 11(4), pp. 283–289. Available at: https://doi.org/10.1016/j.anr.2017.11.002.
Park, C.S.Y. and Park, E. (2018) ‘Factors Influencing Patient-Perceived Satisfaction With Community-Based Case Management Services’, Western Journal of Nursing Research, 40(11), pp. 1598–1613. Available at: https://doi.org/10.1177/0193945917711116.
Sailsman (2019) ‘Pengembangan model manajer kasus dan dampaknya terhadap kepuasan dan mutu pelayanan klinik di rumah sakit:: Penataan struktur dan proses pemberdayaan …’. Available at: https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/36390.
De Stampa, M. et al. (2019) ‘Multidisciplinary teams of case managers in the implementation of an innovative integrated services delivery for the elderly in France’, BMC Health Services Research, 14(1), pp. 1–8. Available at: https://doi.org/10.1186/1472-6963-14-159.
Svenningsson, I. et al. (2021) ‘The care manager meeting the patients’ unique needs using the care manager model—A qualitative study of experienced care managers’, BMC Family Practice, 22(1), pp. 1–8. Available at: https://doi.org/10.1186/s12875-021-01523-8.
Yuliati, N.K., Nopiyani, N.M.S. and Duarsa, D.P. (2019) ‘The roles of case managers and problems encountered in implementing patient centered care in hospitals’, Public Health and Preventive Medicine Archive, 7(2), pp. 140–147. Available at: https://doi.org/10.15562/phpma.v7i2.224.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.