Analisis Dan Pengembangan Strategi Dalam Meningkatkan Daya Saing HonestDocs Sebagai Perusahaan Startup Di Era Industry 4.0

DOI: 10.29241/jmk.v9i2.1439

Author

Embriana Dinar Pramestyani(1*)

(1) Universitas Pancasila, Indonesia
(1*) Corresponding Author

Full Text

Full Text: View / Download PDF

Article Metrics

Abstract View : 695 times; PDF Download : 240 times

Abstract

Salah satu platform e-commerce telemedicine di Indonesia yang turut andil sebagai perusahaan startup digital berbasis kesehatan adalah HonestDocs (HD). HD dikembangkan sebagai dampak dari perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0. Perubahan perilaku konsumen pengguna layanan kesehatan digital dan banyaknya kompetitor membuat HD harus menetapkan strategi yang lebih baik di pasar telemedicine. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi existing yang digunakan oleh perusahaan startup HD di platform e-commerce dan menganalisis strategi yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan daya saing HD sebagai perusahaan startup di era industry 4.0. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif eksploratif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Responden survei terdiri dari 241 orang (57,66%) perempuan dan 177 orang (42,34%) laki-laki, sedangkan wawancara dilakukan kepada stakeholder  HD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi existing yang digunakan oleh perusahaan startup HD terletak pada aspek sumber daya manusia, keuangan, tata kelola perusahaan, dan pemasaran. Sedangkan analisis SWOT menunjukkan bahwa HD berada pada posisi kuadran IV dimana memiliki kelemahan dan ancaman yang berarti, sehingga strategi yang sesuai untuk disarankan ke HD adalah strategi W-T/strategi defensif. Strategi defensif diimplementasikan dengan melakukan penguatan dan positioning serta branding HD yang tidak hanya berfokus di Jabodetabek dan pulau Jawa saja.


Keywords

Telemidisin, Strategi Bisnis, Digital Start-Up

References

APJII. (2019). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2018. In Apjii. www.apjii.or.id

Br Sitepu, S. N. (2017). Pengaruh Faktor Internal Terhadap Keberhasilan Start-Up Bisnis Di Kota Surabaya. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 10(1), 37. https://doi.org/10.20473/jmtt.v10i1.5136

DSResearch. (2019). Penetrasi Gaya Hidup Aktif dan Sehat Kaum Urban : Pemahaman Pasar Wellness di Jakarta. Dailysocial.Id, 50. https://dailysocial.id/research/pasar- wellness-di-jakarta Handayani F. Identifikasi Critical Success Factors sebagai Pendukung dalam Mencapai Keunggulan Bersaing. J Ilmu dan Ris Akunt. 2013;

HonestDocs. (2020). Company Profile Honestdocs (HD) (Issue December).

Indriyarti, E. R., & Wibowo, S. (2020). Bisnis Kesehatan Berbasis Digital: Intensi Pengguna Aplikasi Digital Halodoc. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 4(2). https://doi.org/10.30813/jpk.v4i2.2328

Jaya, M. A., Ferdiana, R., & Fauziyati, S. (2017). Analisis Faktor Keberhasilan Startup Digital di Yogyakarta Mardi Arya Jaya 1 , Ridi Ferdiana 2 , Silmi Fauziati 3. Prosiding SNATIF, 4(1), 167–173. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/SNA/article/view/1261

Maula N. Praktik Sumber Daya Manusia Pada Perusahaan Startup Edutech Di CV. Big Edu Indonesia. Creat Res J. 2021;7(01):11.

Pradita KY. Determinan Faktor yang Mempengaruhi E-Trust dan Minat Menggunakan Aplikasi Alodokter. J Penelit dan Pengemb Sains dan Hum. 2021;5(3):450.

Phadermrod, B., Crowder, R. M., & Wills, G. B. (2019). Importance-Performance Analysis based SWOT analysis. International Journal of Information Management, 44, 194–203. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2016.03.009

Rachmawati J. Analisis Key Success Factors untuk Menciptakan Keunggulan Bersaing pada PT. Astra Internasional. J Ilmu Akuntasi dan Ris Akuntasi. 2013;2–8.

Ries, E. (2012). The Lean Startup: How Today’s Entrepreneurs Use Continuous Innovation to Create Radically Successful Businesses Eric Ries. New York: Crown Business, 2011. 320 pages. US$26.00. In Journal of Product Innovation Management (Vol. 29, Issue 3). https://doi.org/10.1111/j.1540-5885.2012.00920_2.x

Sampurno. (2013). Manajemen Stratejik : Menciptakan Keunggulan Bersaing Yang Berkelanjutan. Gadjah Mada University Press.

Setiarini, A. T. (2017). Strategi Positioning Dan Diferensiasi Dalam Upaya Membangun Brand, Studi Kasus Ngayogjazz. Jurnal Tata Kelola Seni, 1(2), 54–67. https://doi.org/10.24821/jtks.v1i2.1641

Soekanto A, Mustikarini CN. Faktor Pendorong Kesuksesan Bisnis Start-Up di Surabaya. PERFORMA J Manaj dan Start-Up Bisnis. 2017;2(3):306–15.

Taherdoost, H., & Madanchian, M. (2021). Determination of Business Strategies Using SWOT Analysis; Planning and Managing the Organizational Resources to Enhance Growth and Profitability. Macro Management & Public Policies, 3(1), 19–22. https://doi.org/10.30564/mmpp.v3i1.2748

Thomas L. Wheelen JDH. Strategic Management and Business Policy : Achieving Sustainability. 12th ed. Terjemahan SEJ, editor. Pearson; 2010. Vlados, C. (2019). On a correlative and evolutionary SWOT analysis. Journal of Strategy and Management, 12(3), 347–363. https://doi.org/10.1108/JSMA-02-2019-0026

Wachid, A. D. (2018). Analysis of Cafe Marketing Strategy Using SWOT Method on Omah Bonsari. 11988–11996. Zaky, M. A., Nuzar, I., Saputro, W. E., Praysuta, B. D. S., Wijaya, S. B., & Riswan, M. (2018). Mapping & Database Startup Indonesia 2018. Badan Ekonomi Kreatif, 1–202.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.