Penilaian Kinerja Perawat Berdasarkan Aspek Sikap Kerja, Tingkat Keterampilan, dan Manajemen Kinerja di Rumah Sakit Wilujeng Kabupaten Kediri

DOI: 10.29241/jmk.v9i1.1413

Author

Gerardin Ranind Kirana(1*), Reny Nugraheni(2)

(1) Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri, Indonesia
(2) Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri, Indonesia
(1*) Corresponding Author

Full Text

Full Text: View / Download PDF

Article Metrics

Abstract View : 1184 times; PDF Download : 1958 times

Abstract

Penilaian kinerja perawat merupakan sistem yang digunakan manajemen SDM kesehatan untuk mengevaluasi kinerja perawat dalam periode tertentu, kemudian dilanjutkan dengan memberikan umpan balik, sehingga setiap perawat diharapkan dapat meningkatkan kinerjanya dan berdampak jangka panjang pada peningkatan mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai kinerja perawat di Rumah Sakit Wilujeng Kabupaten Kediri, berdasarkan aspek sikap kerja, tingkat keterampilan, dan manajemen kinerja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Perawat Rumah Sakit Wilujeng Kabupaten Kediri sejumlah 45 perawat dengan besar sampelnya sebanyak 30 perawat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling, dan variabel pada penelitian ini adalah kinerja perawat Rumah Sakit Wilujeng Kabupaten Kediri berdasarkan aspek sikap kerja, tingkat keterampilan, dan manajemen kinerja. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan total 21 pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kinerja perawat di Rumah Sakit Wilujeng Kabupaten Kediri secara keseluruhan berada pada kategori baik. Namun jika dilihat berdasarkan setiap pernyataan dalam masing-masing aspek, masih ada beberapa kekurangan, yaitu ada 10,0% perawat yang menyatakan bahwa mereka terkadang tidak memberikan penjelasan kepada pasien sebelum melakukan tindakan, 3,3% perawat menyatakan tidak membuat rencana asuhan keperawatan menggunakan kalimat singkat dan jelas, 26,7% perawat yang menyatakan efisiensi waktu dalam menyelesaikan pekerjaan tidak melebihi rata-rata perawat lain, dan 36,7% perawat menyatakan tidak selalu mempersiapkan terlebih dahulu alat-alat yang akan digunakan untuk melakukan asuhan keperawatan. Diadakannya workshop serta pelatihan yang mendukung agar perawat tertib menjalankan asuhan keperawatan, merupakan bentuk manajemen SDM yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja perawat dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Wilujeng Kabupaten Kediri.

 


Keywords

Penilaian Kinerja, SDM, Perawat, Rumah Sakit

References

Ali, I. A. S. et al. (2022) ‘Evaluasi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kinerja Petugas Puskesmas Di UPTD Langsa Barat Tahun 2020’, Journal of Healtcare Technology and Medicine, 8(1), pp. 311–322.

Alim, A., Tangdilambi, N. and Badwi, A. (2019) ‘Jurnal Kualitas Pelayanan Kesehatan (Studi Analitik Terhadap Pasien Rawat Jalan di RSUD Makassar)’, Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 5(2), p. 165. doi: 10.29241/jmk.v5i2.164.

Ardiansyah, M. (2020) ‘Menentukan Asuhan Keperawatan Dan Rencana Tindakan Keperawatan Di Rumah Sakit’, Osf.Io. Available at: https://osf.io/preprints/mjqtu/.

Jaya, K. et al. (2019) ‘Gambaran Pendokumentasian Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSUD Buton Utara’, Jurnal Keperawatan, 02(03), pp. 27–36.

Lestari, T. R. P. (2018) ‘Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Di Puskesmas Melalui Pendekatan Manajemen Sumberdaya Manusia Kesehatan’, Kajian, 23(3), pp. 157–174. Available at: https://jurnal.dpr.go.id/index.php/kajian/article/view/1880.

Manik, R. (2013) Faktor –faktor yang mempengaruhi efektivitas asuhan keperawatan di siloam hospital. Universitas Esa Unggul Jakarta. Available at: https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Master-2557-Thesys Riris Manik MM 41.pdf.

Mansur (2017) Analisis Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Perawat Non Pns Di Rsud Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak Kabupaten Aceh Timur Tahun 2017. Institut Kesehatan Helvetia Medan. Available at: http://repository.helvetia.ac.id/id/eprint/46/1/TESIS LENGKAP MANSUR.pdf.

Melinda, P. R. et al. (2022) Komunikasi Terapeutik dalam Kesehatan. Cetakan Pe. Edited by Risnawati. Yogyakarta/Makassar: Rizmedia Pustaka Indonesia. Available at: http://repository.uki.ac.id/7877/1/KomunikasiTerapeutik.pdf.

Nur, M., Yusuf, S. and Rusman, A. D. P. (2021) ‘Analisis Peningkatan Kinerja Tenaga Kesehatan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Di Dinas Kesehatan Kabupaten Sidrap’, Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 4(2), pp. 190–200.

Porotu’o, A. C., Kairupan, B. H. R. and Wahongan, G. J. P. (2021) ‘Pengaruh Motivasi Kerja Dan Sikap Profesi Terhadap Kinerja Perawat Di Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening’, JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1), pp. 567–580. doi: 10.35794/jmbi.v8i2.32936.

Rosyita, H., Aditaruna, D. and Sugiharto, S. (2021) ‘Motivasi Kerja dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Perawat di Ruang Rawat Inap Bougenvil dan Seruni Rumah Sakit Umum Daerah Cibinong Bogor’, Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 7(1), p. 78. doi: 10.29241/jmk.v7i1.600.

Rusyandi, D. and Rachmawati, R. (2017) ‘Evaluasi Penilaian Kinerja dengan Menggunakan Metode SMART dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Kerja’, jurnal ISEI, I(2), pp. 79–87. Available at: http://repository.ekuitas.ac.id/bitstream/handle/123456789/443/JR00110 - Deddy Rusyandi dan Rr. Rachmawati.pdf?sequence=1&isAllowed=y.

Septiadi, H., Wahidi, K. R. and Anindita, R. (2020) ‘Kinerja Perawat dalam Meningkatkan Kepuasan Pasien di Bagian Rawat Inap Rumah Sakit Seto Hasbadi’, Journal of Hospital Management, 3(1), pp. 335–343.

Sureskiarti, E. and Brillianty, G. D. (2017) ‘Hubungan Kinerja Perawat Dengan Kepuasan Kerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Ince Abdul Moeis Samarinda Tahun 2017’, Jurnal Husada Mahakam, IV(4), pp. 221–232. Available at: https://core.ac.uk/download/pdf/322635639.pdf.

Syafridayani, F. (2020) ‘Langkah-langkah yang Harus Dilakukan Perawat untuk Meningkatkan Keselamatan Pasien’. Available at: https://osf.io/sbf73/download/?format=pdf.

Tiara, I. and Febrianti, D. (2022) ‘Analisis Manajemen Sumber Daya Manusia Kesehatan Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan di Indonesia ( Analysis of Health Human Resources Management on The Quality of Health Services ...’, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Depok, 3(January), pp. 0–15. doi: 10.13140/RG.2.2.23742.82242.

Usman (2016) ‘Analisis Kinerja Tenaga Kesehatan Pada Puskesmas Lapadde Kota Parepare’, Jurnal Mkmi, 12(1), pp. 21–28.

Usman Kombih, S., Devi Fitriani, A. and Simanjorang, A. (2020) Analisis Kepatuhan Perawat Terhadap Penggunaan Standar Prosedur Operasional (Spo) Keperawatan Di IGD RSUD Kota Subulussalam, Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI). doi: 10.56338/mppki.v3i2.1083.

Wisuda, A. C. and Putri, W. O. (2019) ‘Kinerja Perawat Pelaksanan dalam Pendokumentasian Asuhan Keperawatan di Instalasi Rawat Inap’, Jurnal Aisyiyah Medika, IV. Available at: https://jurnal.stikes-aisyiyah-palembang.ac.id/index.php/JAM/article/view/223.

Yusuf, M. and Sofia, J. (2021) ‘Manajemen Waktu Perawat Pelaksana Dalam Pemberian Asuhan Keperawatan’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, V(3), pp. 118–126. Available at: https://jim.unsyiah.ac.id/FKep/article/view/19297/9711.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.