Evaluasi Penggunaan Sistem e-Puskesmas Melalui Pendekatan PIECES Untuk Menilai Kepuasan Petugas

DOI: 10.29241/jmk.v9i1.1309

Author

Annisa Wahyuni(1*)

(1) Apikes IRIS Padang, Indonesia
(1*) Corresponding Author

Full Text

Full Text: View / Download PDF

Article Metrics

Abstract View : 1597 times; PDF Download : 1350 times

Abstract

Sistem e-Puskesmas adalah aplikasi manajemen puskesmas yang berbasis web bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan pelayanan kesehatan mulai dari pendaftaran pasien, pelayanan tingkat poli hingga tingkat dinas kesehatan, hingga pelaporan secara online dan terintegrasi sesuai standar Kementerian Kesehatan yang mengintegrasikan sistem informasi Puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan petugas terkait penggunaan aplikasi e-Puskesmas serta permasalahan dan perlunya perbaikan sistem tersebut. Model penelitian adalah pendekatan kerangka kerja PIECES (Efficiency, Information, Economics, Control and Service), karena memiliki keunggulan dibandingkan metode lain untuk mengukur tingkat kepuasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keenam variabel kerangka PIECES memiliki nilai rata-rata yaitu Aspek Kinerja (3,80), Aspek Informasi (3,77), aspek Ekonomi (3,89), aspek Kontrol (3,21), Aspek Kontrol (3.89) dan Aspek Service (4.04). Kesimpulannya adalah implementasi e-Puskesmas versi website dapat dikatakan baik, efektif dan efisien dalam artian analisis PIECES, karena skor kepuasan masing-masing variabel dapat dikatakan terpenuhi. Namun, aspek kontrol terkait keamanan masih dipertanyakan atau perlu perbaikan seperti ketersediaan jaringan internet.


Keywords

Evaluasi, Pengguna, E-Puskesmas, Metode PIECES.

References

Asbar, Y., & Saptari, M. A. (2017). Analisa Dalam Mengukur Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode PIECES. Jurnal Visioner & Strategis, 6(2), 39–47.

Dona, F., Susmiati, S., & Murni, D. (2019). Efisiensi Perangkat Pendukung dalam Pelaksanaan Sistem Informasi e-Puskesmas Kota Sungai Penuh. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(3), 579. https://doi.org/10.33087/jiubj.v19i3.724

Fikri, R. L. (2019). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajeman Puskesmas (Simpus) Melalui Metode Pieces Layanan Kunjungan Rawat Jalan Puskesmas Bogor Utara Tahun 2018. Promotor, 2(4), 294. https://doi.org/10.32832/pro.v2i4.2242

Haryani, D. S., & Satriadi, S. (2019). Penerapan E-Puskesmas Pada Puskesmas Tanjungpinang. Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 4(2), 153–165. https://doi.org/10.33633/jpeb.v4i2.2566

Hendra. (2018). Vol. 1 No.1 Edisi 2 Oktober 2018 http://jurnal.ensiklopediaku.org Ensiklopedia of Journal. Ensiklopedia Of Journal, 1(1), 1–5. Kepmenkes. (2014). Kebijakan Dasar Pusat Kesehatan Masyarakat. (n.d.).

Muliansah, R., & Budihartanti, C. (2020). Analisa Pemanfaatan e-Puskesmas di Loket Pendaftaran pada Puskesmas Kecamatan Pademangan dengan Metode PIECES. Journal of Computer Science and Engineering (JCSE), 1(1), 17–29. https://doi.org/10.36596/jcse.v1i1.22

Mulyani, S., & Fatoni (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Layanan Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Ogan Ilir Pada Kecamatan Pemulutan Menggunakan Metode Pieces Framework. Bina Darma Conference on Computer Science. Vol. 3 No. 3. e-ISSN: 2685-2683.https://conference.binadarma.ac.id/index.php/BDCCS/article/view/2855

Peraturan Menteri Kesehatan No. 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). (n.d.).

Romadhoni, E, et.al (2022). Kualitas Sistem Informasi Pelaporan Standar Pelayanan Minimal Instalasi Radiologi Berbasis Web (e-spmrad.com). Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr Soetomo. Vol.8 No. 2. e-ISSN 2581-219X.DOI: 10.29241/jmk.v8i2.972

Sri Puji Lestari, E., Chotimah, I., & Khodijah Parinduri, S. (2021). Analisis Manajemen Logistik Bagian Pengadaan Alat Kesehatan Di Rumah Sakit Islam Bogor Tahun 2019. Promotor, 4(2), 106. https://doi.org/10.32832/pro.v4i2.5577

Subektianto, R. A., Ratna, M., & Zain, I. (2018). Analisis Kepuasan Pasien dan Pelaksana Terhadap Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Elektronik (Simpustronik) di Kabupaten Blitar Menggunakan Regresi Logistik Biner. Inferensi, 1(1), 29. https://doi.org/10.12962/j27213862.v1i1.6718 862.v1i1.6718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.