Analisis Tingkat Kepuasaan Pasien Rawat Jalan RSIA NUN Surabaya

DOI: 10.29241/jmk.v4i1.97

Author

Sendy Ayu Mitra Uktutias(1),
(1) STIKES Yayasan RS.Dr.Soetomo
Corresponding Author

Full Text

Full Text: View / Download PDF

Article Metrics

Abstract View : 1163 times; PDF Download : 864 times

Abstract

ABSTRAK

Pelayanan kesehatan yang bermutu adalah pelayanan yang sesuai dengan tingkat kepuasan pasien dan penyelenggaraanya sesuai standar dan kode etik profesi. Penelitian ini bertujuan mengukur tingkat kepuasan pasien di RSIA NUN Surabaya dengan metode importance performance analysis (IPA), dan customer satisfaction index (CSI). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancang bangun cross sectional. Sampel penelitian ini adalah pasien rawat jalan. Teknik pengambilan sampel dengan accidental sampling. Sampel diambil pada bulan Juli sampai Agustus 2017 sebanyak 96 orang. Penilaian menggunakan kuesioner yang sudah diisi pasien. Hasil pengukuran dari responden terhadap 25 atribut pertanyaan dan 11 atribut menunjukkan ketidaksesuaian antara kinerja dan kepentingan. Uji Diagram Kartesius menunjukkan atribut bukti langsung dengan nilai kinerja 3,13 dan nilai kepentingan 4,51 sehingga berada pada
kuadran I dan nilai kinerja 3,19 dan nilai kepentingan 4,84 pada kuadran III, hal ini secara kinerja masing kurang dan menjadi prioritas pertama dalam perbaikan untuk menaikkan tingkat kepuasan pasien. Analisa customer satisfaction index menunjukkan nilai 82% yang berarti pasien rawat jalan puas terhadap kinerja RSIA NUN di Surabaya.

Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Importance Performance Analysis, Uji Diagram
Kartesius


Keywords

Customer Satisfaction, Hospital

References

Annisa Azzahra Handriati, S. V. (2015). Analisa Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Menggunana Metode SERVPERF-IPA-CSI. Teknoin, 178 - 190 .

Apriliya, V. (2012, Agustus 7). Journal uad. Diambil kembali dari Journal uad : http://journal.uad.ac.id.

Azwar, A. (1996). Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Ega Subiyantoro, A. N. (2010). Analisis Tingkat Kepuasan Terhadap Pelayanan Yang Diberikan Oleh Rumah Sakit Dengan Metode SERVQUAL, Importance Performance Analysis, dan Customer Satisfaction Index. Seminar Nasional Pendidikan, Sains, dan Teknologi (hal. 77 - 82). Semarang: Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam Universitas Muhammdiyah Semarang.

Gerson, R. F. (2004). Mengukur Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PPM.

Hedithya Novel, H. L. (2013). Penilaian Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Jasa Puskesmas Medan Johor dengan Metode Servperf dan Customer Satisfaction Index. e-Jurnal Teknik Industri FT USU, 18 - 22.

Heru Eka Lodhita, I. S. (2014). Analsis pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Mengggunakan IPA dan CSI. Malang: FTP Universitas Brawijaya.

Irawan, H. (2009). Indonesia Customer Satisfaction. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Lusianti, D. (2017). Pengukuran Kepuasan Peserta JKN Melalui Pendekatan Importance Performance Analysis. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 17-25.

Notoatmodjo,S.(2012).Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta:

Rineka Cipta.

Perwani.(2006). Mencoba Mendefinisikan Housekeeping. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Pohan, I. (2006). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar - Dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Puspa Yudha Utama, A. E. (2013). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Dilihat Dari Dimensi Kualitas Pelayanan. Diponegoro Journal of Social and Politic, 1-9.

Sondari, A. (2015). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Brebes. Semarang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.

Sudarno, A. R. (2011). Analisis Kualitas Pelayanan dan Pengendalian Kualitas Jasa Berdasarkan Persepsi Pengunjung. Media Statistika, 33 - 45.

Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untk eningkatkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tjiptono, F. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: ANDI.

Tjoanoto, K. (2013). Pengaruh Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Di Restoran Jade Imperal. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1 - 9 .

Wirijadinata, J. (2017, Juli 11). Manajemen Kepuasan Pelanggan/Masyarakata. Diambil kembali dari Wordpress: https://usepmulyana.files.wordpress.com

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.