Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo?
Go to Login

 

Author Guidelines

Jurnal Manajemen Kesehatan adalah publikasi ilmiah enam bulanan yang diterbitkan oleh STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya pada periode April dan Oktober. Redaksi menerima naskah asli (original) yang belum pernah dipublikasikan, dengan gaya bahasa akademis dan efektif berupa hasil penelitian yang bermanfaat kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi khususnya di bidang manajemen kesehatan.

Naskah dalam bentuk baku (MS Word) dan gaya bahasa ilmiah, tidak lebih dari 12 halaman, tulisan Times New Roman ukuran 12 font, 1 kolom kecuali abstrak dan tabel ukuran besar, ketikan 1,5 spasi dan ukuran margin 4 cm Left,4 cm Top,3 cm Bottom ,3 cm Right kertas A4. Naskah yang telah diterbitkan menjadi hak milik redaksi dan naskah tidak boleh diterbitkan dalam bentuk apapun tanpa persetujuan redaksi. Naskah disusun sesuai format baku terdiri dari: Judul Naskah, Nama Penulis, Abstrak Indonesia dan Inggris, Latar Belakang, Metode, Hasil, Pembahasan dan Simpulan serta daftar pustaka yang disitasi dengan menggunakan mendeley, tidak kurang dari minimal 12 halaman.Ukuran kertas A4 (210 x 297 mm).

 1) Judul Naskah

Judul ditulis secara jelas dan singkat dalam bahasa Indonesia yang menggambarkan isi pokok/variabel, maksimum 15 kata.

2) Nama Penulis

Meliputi nama lengkap penulis utama tanpa gelar dan anggota (jika ada), nama institusi/instansi, surel penulis, alamat jalan (kota/kab).

3) Abstrak

Abstrak harus merangkum seluruh isi dalam Artikel dan minimal tersusun dari 150 kata dan tidak lebih dari 250 kata. Abstrak harus mengikuti format IMRAD, yaitu Introduction, Methods, Results, Analysis, Discussion. Serta ditambahkan dengan Kesimpulan. Abstrak tidak boleh menggunakan ilustrasi dan tabel. Serta hindari penggunaan istilah atau singkatan yang ambigu. Abstrak minimal harus memiliki satu keyword. Di tulis dalam satu paragraf.

4) Pendahuluan

Berisi informasi secara sistematis/urut tentang: masalah penelitian, skala masalah, kronologis masalah, dan konsep teori serta solusi yang disajikan secara ringkas dan jelas.

5) Metode

Berisi tentang: jenis penelitian, desain, teknik sampling dan jumlah sampel, karakteristik responden, waktu, tempat penelitian, instrumen yang digunakan, serta uji analisis statistik disajikan dengan jelas (Bila diperlukan).

6) Hasil dan Pembahasan

Hasil penelitian hendaknya disajikan secara berkesinambungan dari mulai hasil penelitian utama hingga hasil penunjang yang dilangkapi dengan pembahasan. Nama tabel, diagram, gambar, skema, isi beserta keterangannya ditulis dalam bahasa Indonesia dan diberi nomor sesuai dengan urutan penyebutan teks. Satuan pengukuran yang digunakan dalam naskah hendaknya mengikuti sistem internasional yang berlaku.

 7) Simpulan

simpulan hasil penelitian dikemukakan secara jelas. Saran dicantumkan setelah kesimpulan yang disajikan secara teoritis dan secara praktis yang dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat.

8)  Daftar Pustaka

Sumber pustaka yang dikutip meliputi: referensi jurnal ilmiah minimal 10 tahun terkahir sekitar 80%,buku teks, tesis, disertasi, dan sumber pustaka lain yang harus dicantumkan dalam daftar pustaka. Referensi yang dihasilkan harus disitasikan dalam Artikel. Sumber pustaka disusun model APA berdasarkan alfabetis, secara berurutan yaitu: nama marga, tahun penerbitan pustaka, judul pustaka, edisi (jika ada), kota penerbit, dan nama penerbit. Jumlah referensi acuan minimal 10 pustaka. Artikel yang telah dimuat dalam jurnal Manajemen Kesehatan disarankan untuk digunakan sebagai rujukan. Untuk menjaga konsistensi cara pengacuan, pengutipan dan penulisan daftar pustaka kami sarankan untuk menggunakan aplikasi referensi standar seperti Endnote, Mendeley.

Redaksi berhak memperbaiki penulisan naskah tanpa mengubah isi naskah tersebut. Semua data pendapat atau pernyataan yang terdapat pada naskah merupakan tanggung jawab penulis. Naskah yang tidak sesuai dengan redaksi akan dikembalikan.

 

Informasi lebih detail tentang panduan dan template artikel :

Artikel yang diajukan harus ditulis sesuai dengan pedoman penulis Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo. Template artikel bisa didownload disini, dan pedoman publikasi secara manual melalui APA Style dapat didownload disini

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah (beserta materinya) belum dipublikasikan dan tidak dalam proses publikasi di jurnal atau media lain.
  2. Manuskrip tersebut mengikuti gaya penulisan / format Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo dan referensi seperti yang ditunjukkan dalam "pedoman penulis", yang terdapat dalam bagian "tentang jurnal".
  3. Semua referensi dan kutipan mengikuti format Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo
  4. Semua kutipan (kutipan) disebutkan di bagian referensi
  5. Manuskrip yang diajukan menggunakan 1,5 ruang; Huruf huruf diketik dengan 12 poin; menggunakan italic (italic) dan bukan underscore (kecuali untuk alamat url); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel telah ditambahkan ke isi manuskrip (tidak dipisahkan)
  6. Manuskrip dikirimkan menggunakan format file Microsoft Word (.doc atau .docx)
  7. Naskah yang diajukan telah mengikuti peraturan dalam kebijakan "double blind review", di mana nama penulis dan identifikasi informasi yang terkait dengan penulis telah dihilangkan dari manuskrip.
 

Copyright Notice

Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.