Analisis Preferensi Terhadap Sosiodemografi Pada Pasien Umum Instalasi Rawat Jalan RSUD BDH Surabaya

Titin Wahyuni(1),


(1) STIKES Yayasan RS.Dr.Soetomo
Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK
Preferensi pasien menjadi penting saat sebuah pelayanan kesehatan ingin mengembangkan produk. Preferensi sendiri dimata konsumen merupakan sebuah pelayanan yang lebih efektif, lebih murah dan lebih cepat. Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang masalah adanya jumlah penurunana pasien pada tahun 2015 dan peningkatan jumlah keluhan pada tahun yang sama. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan faktor sosiodemografi yang terdiri dari usia, pendidikan, pendapatan, jumlah anggota keluarga yang menjadi tanggungan dan penananngung biaya pengobatan. Preferensi dilakukan terhadap empat indikator yaitu sikap memprioritaskan rumah sakit sebagai pilihan utama, kemauan merekomendasikan, melakukan word of mouth positif, dan pemanfaatan ulang. Penelitian ini menggunakan rancangan potong lintang dengan tehnik survei. Unit analisis adalah pasien umum instalasi rawat jalan RSUD BDH. Waktu penelitian adalah Juni- Agustus 2016. Tehnik sampling menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sebanyak 85 responden.
Hasil dari penelitian ini adalah Preferensi pada indikator prioritas sikap memprioritaskan sebagai pilihan utama, kemauan merekomendasikan dan word of mouth memiliki kecenderungan berbeda antara sikap dan kemauan yang baik dan tidak baik, sedangkan pada indikator kemauan pemanfaatan ulang cenderung kurang berbeda.Preferensi paling baik menurut faktor sosiodemografi terdapat pada indikator usia 20 – 30 tahun, tingkat pendidikan SMA, tingkat pendapatan 2,1-3 juta, jumlah anggota yang menjadi tanggungan kurang dari 2, dan menanggung sendiri biaya pengobatannya. Kesimpulan yang didapat penelitian secara umum preferensi penelitian ini dapat dikatakan baik. Indikator yang perlu mendapat perhatian khusus adalah kemauan untuk pemanfaatan ulang.


Keywords


Preferensi, Pasien Umum, Sosiodemografi

References


Burnham T.A., J.K. Frels, V. Mahajan. Consumer Switching Costs : A

Typology, Antecendants, and Consequence. Journal of The Academy

of Marketing Science. 2003; 31 (2): 109-126.

Hoffman K.D., Bateson J.E.G. Eseentials of services marketing. Fourt Worth :

The Dryden Press; 1997.

Hooley G., Piercy NF., Nicoulaud B. Marketing Strategy and Competitive

Positioning. 4th Ed. Edinburgh : Pearson Education Limeted;

Odin Y., N. Odin, P. Valette-Florence. Conceptual and OperationalAspects

of Brand Loyalty: An Empirical Investigation. Journal of Business

Research. 2001; 53 : 460-469.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 118 times
PDF Download : 102 times

DOI: 10.29241/jmk.v3i1.93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Titin Wahyuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.