Analisis Ketahanan Hidup Pasien Penyakit Ginjal Kronis Dengan Hemodialisis Di RSUD Dr. Soetomo Surabaya

Dony Yulianto(1), Hari Basuki(2),


(1) FKM Universitas Airlangga
(2) FKM UNIVERSITAS AIRLANGGA
Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK


Keterbatasan waktu dan biaya dalam penelitian menyebabkan data yang diperoleh tidak lengkap (data tersensor). Menganalisis data tersensor dapat menggunakan analisis khusus yaitu analisis survival. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis angka ketahanan hidup dan melihat adanya perbedaan antar kategori pada setiap variabel pada pasien PGK yang menjalani Hemodialisis di RSUD Dr. Soetomo. Penelitian dilakukan dengan mengambil data sekunder di Rekam Medik Instalasi Hemodialisis RSUD Dr. Soetomo. Data yang diambil meliputi data pasien PGK yang mulai menjalani HD pada periode 2010-2013 dengan melihat karakteristik jenis kelamin, usia, riwayat Hipertensi, Diabetes Melitus, frekuensi HD dan adanya komplikasi Anemia. Analisis yang digunakan adalah uji Kaplan Meier dan Log Rank.
Rata-rata ketahanan hidup pasien PGK dengan HD secara umum adalah 67,84 bulan. Pasien dengan jenis kelamin perempuan, pada rentang usia 46-65 tahun, frekuensi HD ≥3 kali, dan memiliki riwayat Hipertensi, Diabetes Melitus serta adanya komplikasi anemia memiliki rata-rata ketahanan hidup lebih rendah. Analisis uji Log Rank menunjukkan bahwa adanya perbedaan signifikan antar kategori dalam satu variabel bebas pada kurva survival (p-value < 0,05). Variabel usia pasien (p=0,022), riwayat Hipertensi (p=0,020) dan riwayat Diabetes Melitus (p=0,0355) diketahui memiliki perbedaan signifikan antar kategorinya. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah pasien PGK yang menjalani HD di RSUD Dr. Soetomo dengan rentang usia 46-65 tahun, terdapat riwayat penyakit Hipertensi dan Diabetes Melitus memiliki rata-rata ketahanan hidup lebih rendah dibandingkan dengan pasien yang berusia antara 26-45 tahun, dan tidak memiliki riwayat penyakit keduanya.


Keywords


Ketahanan Hidup, Kaplan Meier, Hemodialisis

References


National Kidney Foundation. 2015. US Renal Data System 2014 Annual Data Report: Epidemiology of Kidney Disease in the United States. American Journal of Kidney Disease, 66 (1): pp 31-40.

Pernefri. 2012. 5th Report of Indonesian Renal Registry. Jakarta: Indonesian Society of Nephrology.

Shankar, A., Klein, R., & Barbara. 2006. The Association Among Smoking, Heavy Drinking and Chronic Kidney Disease. American Journal of Epidemiology, 164(3).


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 135 times
PDF Download : 148 times

DOI: 10.29241/jmk.v3i1.92

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Dony Yulianto, Hari Basuki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.