Analisis Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Karyawan Cssd-Laundry, Pemeliharaan Sarana, Dan Sanitasi Rsud Dr. Mohamad Soewandhie

Intan Agung Pratiwi Caesarianty, Diah Wijayanti Sutha

Abstract


ABSTRAK
Lingkungan kerja merupakan tempat dimana para karyawan melakukan aktivitas
bekerja dan sangat penting untuk diperhatikan manajemen karena berpengaruh dengan motivasi kerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisilingkungan kerja dan motivasi kerja karyawan instalasi cssd-laundry, instalasi pemeliharaan sarana, dan instalasi sanitasi RSUD dr. Mohamad Soewandhie Kota Surabaya.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan analisis deskriptif dan analisis uji chi-square.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan instalasi CSSD-Laundry, intalasi pemeliharaan sarana, dan instalasi sanitasi RSUD dr. Mohamad Soewandhie. Pengambilan sampel dengan teknik Total Sampling dengan sampel sebesar 40 karyawan. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan lembar observasi. Uji validitas dan reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan aplikasi program software.Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan kerja fisik dinilai cukup baik oleh karyawan instalasi penunjang, akan tetapi karyawan di instalasi penunjang cenderung menilai tidak setuju dengan kebisingan yang ada di ruang kerja. Lingkungan kerja non fisik dinilai baik oleh karyawan instalasi penunjang dan motivasi kerja juga dinilai baik oleh karyawan instalasi penunjang. Kemudian dari hasil analisis data menunjukkan bahwa lingkungan kerja fisik berpengaruh terhadap motivasi kerja dengan (p = 0,030) dan lingkungan kerja non fisik berpengaruh terhadap motivasi kerja dengan (p = 0,039). Kesimpulannya adalah lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik berpengaruh dan memiliki hubungan terhadap motivasi kerja.
Saran yang dapat dilakukan yaitu memberikan pengaturan tata letak ruang menurut Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1204/MENKES/SK/X/2004 tentang Persyaratan Lingkungan Kesehatan Rumah Sakit untuk persyaratan kebisingan.


Keywords


Lingkungan Kerja Fisik, Lingkungan Kerja Non Fisik, Motivasi

Full Text:

PDF

References


Benny, S., Utami, H. N., & Nurtjahjono, G. E. (2015). Pengaruh

Lingkungan Kerja Fisik dan Non Fisik Terhadap Motivasi Kerja dan

Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. Bank BRI, Tbk.

Cabang Bogor). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 21 No. 1.

Prakoso, R. D., & al, e. (2014). PengaruhLingkungan Kerja terhadap

Motivasi Kerja dan Kinerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis

(JAB) Vol 14 No 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.29241/jmk.v3i1.76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Intan Agung Pratiwi Caesarianty, Diah Wijayanti Sutha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr.Soetomo Indexed by: