Analisis Kesesuaian Rencana Kerja Dan Anggaran (RKA) Dengan Temuan Initial Assesment Akreditasi Joint Commission International (JCI) Di Rumah Sakit Dr. Soetomo

Muhammad Jarno(1),


(1) STIKES Yayasan RS.Dr.Soetomo
Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK
Pada 2016 Rumah Sakit Umum D Dr. Soetomo tengah melaksanakan penilaian akreditasi Joint Commission Internasional (JCI). Untuk mencapai kelulusan akreditasi JCI ada 16 standar yang harus dipenuhi oleh RSUD Dr.Soetomo. Pada penelitian awal yaitu pada bulan Januari 2016, terdapat beberapa temuan masalah yang dinilai oleh Tim Penilai Akreditasi JCI yang ada di RSUD Dr. Soetomo. Jika Rumah Sakit Umum Dr. Soetomo ingin lulus dalam penilaian akreditasi JCI maka pihak rumah sakit harus menyelesaikan temuan penilaian awal. Penelitian ini merupakan penelitian Inferensial yaitu suatu penelitian dengan melakukan analisis hubungan antar variabel dengan pengujian hipotesis. Peneliti menetapkan hipotesis tentang Adakah kesesuaian antara penggunaan anggaran Rumah Sakit terhadap penyelesaian Initial Assesment ?. Dalam pengujian hipotesis tersebut peneliti menggunakan Uji Chi Square. Peneliti menggunakan beberapa data primer antara lain, Rencana Kerja dan Anggaran, Data Usulan Kelompok Kerja FMS, dan data temuan JCI serta melakukan wawancara. Jumlah usulan Pokja FMS yang sesuai dengan temuan Initial Assesmment akreditasi JCI sebanyak 34 usulan sedangkan jumlah usulan yang tidak sesuai adalah sebanyak 78 usulan dari 112 usulan. Untuk jumlah RKA yang sesuai dengan Initial Assesment sebanyak 76 item, sedangkan yang tidak sesuai adalah sebanyak 135 item dari 211 rencana kerja. Pada uji Chi square nilai asymp signifikansinya < 0,05 maka H0 diterima, maka dapat dikatakan bahwa tidak adanya kesesuaian antara penggunaan anggaran Rumah Sakit terhadap penyelesaian Initial Assesmen. Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) yang tidak berhubungan untuk menjawab temuan Initial Assesment anggarannya jangan realisasikan karena bisa menjadi sumber pemborosan anggaran Rumah Sakit. RKA yang tidak sesuai dengan temuan anggarannya dapat dipangkas atau digunakan untuk menjawab temuan yang belum terjawab.


Keywords


JCI, Akreditasi, Anggaran

References


JCI., 2011.Pedoman Survei Interna Joint Commission International RSUD Dr.Soetomo Edisi 4.

JCI., 2014. Joint Commission Intenational Accreditation Standars for Hospital Edition 5th .

KARS., 2011. Standar Akreitasi Rumah Sakit. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan Republik Indonesia dengan Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 166 times
PDF Download : 140 times

DOI: 10.29241/jmk.v2i2.57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Muhammad Jarno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.