Faktor Penyebab Kejadian Stagnant Dan Stockout Di Instalasi Farmasi Upt Rumah Sakit Mata Masyarakat Jawa Timur

Imas Sayyidati Hadidah(1), Thinni Nurul Rochmah(2),


(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga
(2) Administrasi dan Kebijakan Kesehatan FKM Universitas Airlangga
Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK
Logistik obat termasuk salah satu aspek penting dalam bidang kesehatan. Pembelanjaan untuk penyediaan obat membutuhkan hampir 40% dari total anggaran operasional rumah sakit. Oleh karena itu obat harus dikelola secara efektif dan efisien. Ketidak efisienan dalam melakukan manajemen logistik memberikan dampak negatif terhadap rumah sakit baik dari segi medis maupun non medis. Pengelolaan obat di Instalasi Farmasi UPT Rumah Sakit Mata Masyarakat Jawa Timur masih belum bejalan dengan baik dibuktikan dengan angka kejadian obat stagnant yang cukup tinggi yaitu sebesar 39% dan 29% untuk kejadian stockout. Tujuan dari penelitian ini adalah menghitung kerugian akibat kejadian obat stagnant dan stockout serta melakukan analisis faktor penyebab terjadinya obat stagnant dan stockout di Instalasi Farmasi UPT Rumah Sakit Mata Masyarakat Jawa Timur tahun 2015. Penelitian ini termasuk deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode observasional yang dilakukan secara cross sectional dan melakukan perhitungan kerugian akibat kejadian obat stagnant dan stockout di Instalasi Farmasi UPT Rumah Sakit Mata Masyarakat Jawa Timur tahun 2015. Hasil penelitian ini untuk penyebab kejadian obat stagnant dan stockout di Instalasi Farmasi UPT RSMM Jawa Timur pengadaan obat tidak efektif sebagai akibat dari perencanan yang belum tepat, pendistribusian obat yang kurang efektif, serta kesalahan pada kegiatan pencatatan dan pelaporan. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah masih belum terlaksnannya sistem manajemen logistik dengan benar sehingga menyebabkan kerugian yang cukup besar akibat adanya kejadian obat stagnant dan stockout di Instalasi Farmasi UPT RSMM Jawa Timur. Saran yang dapat diberikan yaitu dengan menerapkan metode yang sesuai pada setiap proses manajemen logistik serta mengembangkan sistem informasi yang tepat untuk mengontrol persediaan obat.


Keywords


Manajemen Obat, Stagnant, Stockout, Kerugian.

References


Mellen, R. C dan Pudjiraharjo, W. J. 2013. Faktor Penyebab Dan Kerugian Akibat Stockout Dan Stagnant Obat Di Unit Logistik RSU Haji Surabaya. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 1(1).

Pudjiharjo, W. J. 2015. Materi Slide Kuliah; Manajemen Logistik. Program Studi Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Universitas Airlangga. Surabaya.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 265 times
PDF Download : 1338 times

DOI: 10.29241/jmk.v2i2.56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Imas Sayyidati Hadidah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.