Pengaruh Kesesuaian Penempatan Kerja Dan Kualifikasi Pendidikan Terhadap Kinerja Pegawai Rumah Sakit Bhayangkara Makassar

Afriyana Amelia Nuryadin(1), Ricky Perdana Poetra(2), Sri Paramitha Putri(3),


(1) Stikes Pelamonia Kesdam VII Wirabuana Makassar
(2) Stikes Pelamonia Kesdam VII Wirabuana Makassar
(3) Stikes Pelamonia Kesdam VII Wirabuana Makassar
Corresponding Author

Abstract


Penempatan kerja adalah suatu proses kegiatan yang dilakukan untuk menentukan seseorang pada posisi yang sesuai dengan formasi yang dibutuhkan, sedangkan pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesesuaian penempatan kerja dan kualifikasi pendidikan terhadap kinerja pegawai di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain cross sectional study. Untuk variabel independen dalam penelitian ini adalah penempatan kerja dan kualifikasi pendidikan sedangkan variabel dependennya adalah kinerja pegawai. Dimana populasi dalam penelitian ini adalah pegawai rumah sakit Bhayangkara Makassar yaitu 611 orang dan yang memiliki ketidaksesuaian kualifikasi pendidikannya terhadap penempatan kerjanya yaitu sebanyak 115 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified random sampling dengan penarikan sampel menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 112 responden serta pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah univariat, bivariat, dan Multivariat dengan menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa ada pengaruh faktor akademis thitung >ttabel(2.136>1.663), faktor pengalaman thitung>ttabel(13.148 >1.663), faktor status perkawinan thitung>ttabel(2.970>1.663), faktor pendidik thitung>ttabel(3.019> 1.663), faktor lingkungan thitung>ttabel(2.812 > 1.663).


Keywords


Penempatan Kerja, Kualifikasi Pendidikan, Kinerja Pegawai

References


Balz, G. M. (2014) Pengaruh Status Perkawinan Terhadap Kinerja Pegawai di Yogya Center Bandung.

Hamali (2016) Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi Mengelola Karyawan.

Hasibuan, Malayu S.P. 2016.Manajemen Sumber Daya Manusia. EdisiRevisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.

I.G Wursanto. 2001. Manajemen Kepegawaian 2, Yogyakarta: Kanisius.

Isra Yuliana, Djumadi, D. P. (2015). Penempatan Pegawai Dalam Meningkatkan Kinerja Di Lingkungan Kerja Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kota Samarinda’, 3(4), pp. 428–440.

Karina, dkk.2017. Pengaruh Penempatan Kerja dan Pengalaman Kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Sulutgo Kantor Cabang Utama Manado.

Rumah Sakit Bhayangkara. 2019. Profil rumah sakit Bhayangkara makassar.

Rodi Ahmad Ginanjar. 2013 “Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman”. Hanata Widya Vol.2

Siagian, Sondang P. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Siswanto, B. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia: Pendekatan Administratif dan operasional: Bumi Aksara. 2002 .

Sunaryo (2016) ‘Pengaruh Pendidikan dan Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di PTPN III Medan’, 3(1), p. 56.

Septarina Mifta (2017) pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Lamanya Bekerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Pegadaian Syariah Simpang Patal Palembang, Ekp.

Swarjana (2015) ‘Metode Penelitian Edisi I, II

Qofiqi, Mohammad Nizar Al. 2016. Pеngaruh Kompеnsasi tеrhadap Kеpuasan Kеrja dan Intеntion to Lеavе. Skripsi. Malang: Univеrsitas Brawijaya.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 114 times
PDF Download : 43 times

DOI: 10.29241/jmk.v6i2.458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.