Analisis Kemampuan Membayar dan Kemauan Membayar Peserta PBPU yang Menunggak Iuran JKN Di Kecamatan Tamalate Kota Makassar

Dian Saputra Marzuki(1), Muh Yusri Abadi(2), Darmawansyah Darmawansyah(3), Muhammad Alwy Arifin(4), Suci Rahmadani(5), Muhammad Al Fajrin(6),


(1) Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan FKM Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia
(2) Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan FKM Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia
(3) Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan FKM Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia
(4) Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan FKM Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia
(5) Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan FKM Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia
(6) Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan FKM Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia
Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Tercatat jumlah peserta BPJS Kesehatan yang memiliki tunggakan khususnya di Kota Makassar per Desember 2017 sebanyak 143.794 jiwa penduduk. Tujuan penelitian ini untuk Menganalisis Kemampuan Membayar (ATP) dan Kemauan Membayar (WTP) Peserta PBPU yang menunggak iuran Jaminan Kesehatan Nasional di Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta peserta PBPU yang menunggak iuran jaminan kesehatan nasional di kecamatan tamalate kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 sampel. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu responden ATP 1 kategori mampu yaitu 61% dan tidak mampu 39%, ATP 2 non makanan berada mampu yaitu 46% untuk non-essensial kategori mampu yaitu 21%. Pada aspek kemauan membayar tunggakan responden kategori tidak mau yaitu sebanyak 70 responden (70%), kategori mau yaitu sebanyak 30 responden (30%). Pengetahuan mengenai tarif JKN yaitu 42%. Responden/anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit katastropik adalah 27% jenis penyakit terbanyak adalah stroke.

Kata Kunci: Jaminan Kesehatan Nasional, ATP, WTP


Keywords


National Health Insurance, Ability To Pay (ATP), Willingness To Pay (WTP)

References


BPJS. (2017). Laporan data jumlah peserta di Kota Makassar dan data peserta tunggakan. Makassar: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan.

BPJS. (2019). Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Indonesia.

BPS. (2018). Statistical Yearbook of Indonesia 2018. Jakarta, Indonesia: Badan Pusat Statistik.

Hermanto, A. S., Rimawati, E., & Ernawati, D. (2014). Kesiapan pekerja sektor informal (sopir truk container) dalam membayar jaminan kesehatan nasional (jkn) di kota semarang. Visikes: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 13(2).

Istiqamah, N. F., & Razak, A. (2019). The Pay Ability and Willingness to Pay for Treatment at Pangkajene Hospitals. Indian Journal of Public Health Research & Development, 10(4), 845-850.

Karimah, M. (2015). Ability dan willingness to pay pekerja kerajinan tangan terhadap iuran jaminan kesehatan nasional di Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember. (Skripsi), Universitas Jember, Jember.

Mudayana, A. A. (2015). Analisis Kemampuan dan Kemauan Membayar Pasien Rawat Inap di RS PKU Muhammadiyah Bantul. Kes Mas: Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Daulan, 9(1).

Ratni, E. (Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan peserta mandiri dalam membayar iuran Jaminan Kesehatan Nasional di Kelurahan Lubuk Buaya Tahun 2017). 2017. (Skripsi), Universitas Andalas, Padang.

Rismawati, R., Lisnawaty, L., & Jufri, N. N. (2017). VOL. 2/NO. 8/NOVEMBER 2017; ISSN 2502-731X, Factors Related With Compliance Paying Of Bpjs Mandiri Insurance/Contribution In The Working Area Of Batalaiworu Public Health Center In 2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 2(8).

Satria, D. (2017). Korelasi Jumlah Pengeluaran Konsumsi Rokok Dengan Jumlah Pengeluaran Konsumsi Makanan Pada Masyarakat Miskin (Studi Kasus Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan, 2(1), 84-93.

Setyaningsih, S. (2014). Analisis Kemampuan (ATP) Dan Kemauan (WTP) Membayar Premi Jaminan Kesehatan Pada Staf Pengajar Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati (Skripsi), Universitas Respati Yogyakarta, Yogayakarta.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 219 times
PDF Download : 345 times

DOI: 10.29241/jmk.v5i2.158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.