Model Regulasi Emosi Perawat Ruang Rawat Inap Klinik Utama Rawat Inap Usada Buana Surabaya

Ade Ayu Mitra(1), Suryanto Suryanto(2), Sendy Ayu Mitra Uktutias(3),


(1) Program Studi Magister Pengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Airlangga
(2) Fakultas Psikologi Universitas Airlangga
(3) Program Studi Doktor Pengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Airlangga
Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Regulasi Emosi merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengelola emosi yang tepat untuk mencapai keseimbangan emosional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan regulasi emosi perawat ruang rawat inap dan mengetahui model regulasi meosi yang tepat untuk perawat ruang rawat inap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan analisis. Sampel dalam penelitian ini menunjukkan bahwa perawat ruang rawat inap mengalami regulasi emosi yaitu perasaan kurang dihargai oleh pasien ketika perawat ruang rawat inap mengingatkan saat mengganti cairan infus, minum obat dan mengingatkan waktu seka. sehingga model regulasi emosi yang tepat untuk perawat ruang rawat inap dengan model regulasi emosi proses koping. proses koping diawali dengan problem-focused coping, dilanjutkan dengan appraisal-focused coping dan diakhiri dengan emotion-focused coping. pentingnya regulasi emosi perawat ruang rawat inap sehingga melalui pemberian dorongan setiap perawat dengan simulasi dan sharing dalam menghadapi pasien yang sulit, melatih keterampilan komunikasi antar perawat dalam seminggu sekali.

Kata Kunci : Model Regulasi Emosi; Perawat; Ruang Rawat Inap.

 


Keywords


Health Quality, Hospital, Patien

References


Anggraini, F. W. & Prasetyo, A. R., 2015. Hardiness dan Subjective Well-Being pada Perawat. Jurnal Empati, IV(4), p. 74.

Ariani, M. & Kristiana, I. F., 2017. Hubungan Antara Regulasi Emosi dengan Organizational Citizenship Behavior pada Perawat RSUD HJ. Anna Lasmanah Banjarnegara. Jurnal Empati, VI(1), pp. 270-275.

Desimawati, D. W., 2013. Hubungan Layanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Sumbersari Kabupaten Jember. Skripsi ed. Jember: Universitas Jember.

Madol, J., 2016. Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dengan Kecenderungan Depresi pada Perawat Laki-Laki di Rumah Sakit. Skripsi ed. Salatiga: Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana.

Mayangsari, E. D. & Ranakusuma, O. I., 2014. Hubungan Regulasi Emosi dan Kecemasan pada Petugas Penyidik Polri dan Penyidik PNS. Jurnal Psikogenesis, III(1), p. 18.

Meilani, V., 2018. Hubungan Antara Regulasi Emosi dengan Perilaku Prososial pada Perawat RSUD DR. Moewardi. Skripsi ed. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pratisti, W. D. & Prihartanti, N., 2012. Konsep Mawas Diri Suryomentaram dengan Regulasi Emosi. Jurnal Penelitian Humaniora, XIII(1), p. 21.

Putri, D. W. L., n.d. Hubungan antara Regulasi Emosi dengan Perilaku Prososial pada Perawat Rumah Sakit Jiwa Grahasia Yogyakarta.

Ratnasari, S. & Suleeman, J., 2017. Perbedaan Regulasi Emosi Perempuan dan Laki-Laki di Perguruan Tinggi. Jurnal Psikologi Sosial , XV(1), p. 35.

Rif'ati, M. I. & Suryanto, 2018. Pola Regulasi Emosi Orang Tua dengan Anak Temper Tantrum, Surabaya: Temu Ilmiah Nnasional Ikatan Psikologi Sosial 2018 Conference Call for Paper (2-3) Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Silaen, A. C. & Dewi, K. S., 2015. Hubungan Antara Regulasi Emosi dengan Asertivitas (Studi Korelasi pada Siswa di SMA Negeri 9 Semarang). Jurnal Empati, IV(2), p. 176.

Smith, M. A. & Argiati, S. H. B., 2013. Kepribadian Tangguh (Hardiness) pada Perempuan Penderita Pasca Stroke. Jurnal Spirits, III(2), p. 3.

Yunis & Rahardjo, P., 2011. Hubungan antara Regulasi Emosi dengan Sikap Anggota Polisi Sektor Polres Purbalingga terhadap Efektivitas Kerja. Psycho Idea, IX(2), p. 33.

Yusuf & Kristiana, 2017. Hubungan Antara Regulasi Emosi dengan Perilaku Prososial pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Empati, pp. 98 - 104.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 131 times
PDF Download : 66 times

DOI: 10.29241/jmk.v5i1.123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.