Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial dalam Peningkatan Pengetahuan Mahasiswa pada Pembelajaran Praktikum Manajemen Rekam Medis

Puput Sugiarto(1), Suharyo Suharyo(2),


(1) Poltekkes Kemenkes Semarang / Universitas Dian Nuswantoro
(2) Universitas Dian Nuswantoro
Corresponding Author

Abstract


Pandemi Covid-19 mulai menjangkit masyarakat Indonesia sejak bulan Maret 2020 hingga kini. Selama masa pandemi Covid-19, diberlakukan pembatasan kegiatan sosial berskala besar untuk mencegah semakin bertambahnya penularan Covid-19. Salah satu yang terdampak adalah sektor pendidikan tinggi vokasional dimana pendidikan diselenggarakan dengan metode pembelajaran dalam jaringan. Diperlukan pengembangan dalam implementasi pembelajaran praktikum melalui inovasi media pembelajaran menggunakan video tutorial yang bertujuan agar kompetensi mahasiswa tetap tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengetahuan mahasiswa tentang manajemen rekam medis sebelum dan sesudah diberikan  media video tutorial. Desain penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen dengan rancangan one group pretest-postest. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 97 mahasiswa melalui teknik total sampling. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji wilcoxon dan diperoleh hasil bahwa ada perbedaan signifikan terhadap pengetahuan mahasiswa tentang manajemen rekam medis sebelum dan sesudah diberikan media video tutorial dalam pembelajaran praktikum. Dengan diterapkannya video tutorial dalam pembelajaran praktikum ini, mampu mewujudkan pembelajaran praktikum yang efektif bagi mahasiswa. 

Keywords


Medical Record Management, Video Tutorial, Knowledge

References


Andreas, L. O., & Gusmareta, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Mekanika Tanah Dan Teknik Pondasi Berbasis Video Tutorial Laras. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

https://doi.org/https://doi.org/10.24036/cived.v5i4.102721

Hutauruk, A. M. (2020). Pengetahuan Mahasiswa tentang Kerahasiaan Rekam Medis di RS Santa Elisabeth Medan. Elisabeth Health Jurnal, 4(1), 5–24. https://doi.org/https://doi.org/10.52317/ehj.v4i1.251

Indonesia, P. (2020a). Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No 03/KB/2020, No 612 Tahun 2020, No. HK.01.08/Menkes/502/2020, No. 119/4536/SJ tentang Perubahan Atas Keputusan Bersama Men. Pemerinth Indonesia.

Indonesia, P. (2020b). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Pemerintah Indonesia.

Irianto, K. (2014). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Penerbit Alfabeta.

Johariyah, A., & Mariati, T. (2018). Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja Dengan Pemberian Modul Terhadap Perubahan Pengetahuan Remaja. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 4(1), 38. https://doi.org/10.29241/jmk.v4i1.100

Kartono, G., Mesra, M., & Azis, A. C. K. (2020). Pengembangan Media Ajar Grafis Komputer Materi Wpap Dalam Bentuk E-Book Dan Video Tutorial Bagi Mahasiswa Seni Rupa. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 9(1), 127. https://doi.org/10.24114/gr.v9i1.18191

Kemdikbud. (2020). Surat Edaran No. 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). kemdikbud.

Kemdikbud. (2021). Inovasi Implementasi Kurikulum Pendidikan Tinggi Vokasi Pada Kondisi Khusus Pandemi Covid-19 Edisi Revisi 2021. 2021.

Kemenkes. (2020). KMK No 312 Tahun 2020 tentang Standar Profesi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan. Kemenkes RI.

Kemenristekdikti. (2016). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Vokasi. Kemenristekdikti.

Maimun, N. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Petugas Dalam Penyediaan Berkas Rekam Medis Rawat Jalan Di Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 5(2), 38–40. https://doi.org/10.33560/jmiki.v5i2.160

Mandalika, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Tata Rias Pengantin. Invotek (Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi), 20(1), 85–92. https://doi.org/https://doi.org/http

s://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.725

Maryati, Y. F., Hidayah, N., Administrasi, M., Sakit, R., Yogyakarta, U. M., Yogyakarta, D. I., & Pasien, B. K. (2021). Determinan Kepatuhan Tenaga Kesehatan Terhadap Standar Operasional Rekam Medis Dalam Membangun Budaya Keselamatan Pasien. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS Dr Soetomo, 7(1), 125–136. https://doi.org/10.29241/jmk.v7i1.610

Meilany, L., & Sukawan, A. (2021). Hubungan Pengetahuan dan Kelengkapan Dokumen Medis terhadap Ketepatan Kode Diagnosa Utama Pasien Seksio Caesarean di RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 9(2), 152–156. https://doi.org/10.33560/jmiki.v9i2.335

Monica Ester, E. A. M. (2019). Kesehatan Masyarakat, Teori dan Aplikasi (R. Fauzi (ed.)). Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Rahmi Septia Sari, Yanti Desnita Tasri, M. A. (2022). Identifikasi Pengetahuan dan Pemahaman Profesional Perekam Medis terhadap Kompetensi Perekam Medis. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2639–2646. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1139

Ritonga, A. M., Syofii, I., & Darlius. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Praktikum Mata Kuliah Korosi Dan Teknik. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Volume, 7(Mei). https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jptm.v7i1.7593

Riyanto, A. (2019). Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Nuha Medika.

Siwayana, P. A., Purwanti, I. S., & Murcittowati, P. A. S. (2020). Tinjauan Literatur : Faktor-Faktor Penyebab Ketidaklengkapan Pengisian Rekam Medis Rawat Inap Rumah Sakit Literature Review : Factors Causing incompleteness Filling Medical Records In Hospital Rekam Medis dan Informasi Kesehatan. Jurnal Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan, 3(2), 46–52. https://doi.org/https://doi.org/10.31983/jrmik.v3i2.5927

Sudiyono, Irmawati, & Sugiarto, P. (2013). Strategi Pembelajaran Berbasis Gaya Belajar Mahasiswa Prodi D III Rekam Medis Informasi Kesehatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang. https://doi.org/http://repository.poltekkes-smg.ac.id//index.php?p=show_detail&id=12547

Sudra, R. I. (2020). Rekam Medis. Penerbit Universitas Terbuka.

Sugiarto, P., Maula, H., Dewi, D. W., & Agnur, N. F. (2021).

Pengembangan dan Uji coba Media Pembelajaran Praktikum Laboratorium Manajemen Rekam Medis Berbasis Video Tutorial. Indonesian of Health Information Management Journal (INOHIM), 9(1), 13–20. https://doi.org/10.47007/inohim.v9i1.230

Suhta, D. W. (2018). Pengetahuan dan Perilaku Merokok Pelajar Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 4(1), 47. https://doi.org/10.29241/jmk.v4i1.101

Sukardi, S., & Rozi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Online Dilengkapi Dengan Tutorial Terhadap Hasil Belajar. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 4(2), 97. https://doi.org/10.29100/jipi.v4i2.1066

Wirda Salsabila, Ni Putu Sumartini, D. P. (2021). Pengaruh Edukasi dengan Video Tutorial terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Melakukan Basic Life Supprot di Pondok Pesantren Nurul Ilmi Ranggagata. Jurnal Keperawatan Teradu (Integrated Nursing Journal), 3(2), 20–31. https://doi.org/https://doi.org/10.32807/jkt.v3i2.196

Yul, F. A. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran CD Tutorial Terhadap Hasil Belajar pada Mata Kuliah Desain Web di AMIK DP Kerinci. Edik Informatika, 2(2), 171–181.

https://doi.org/10.22202/ei.2016.v2i2.1460

Yunis Hernowo, K., Sri, I., & Wulandari, M. (2020). Peningkatan Pengetahuan Mahasiswa Universitas Advent Indonesia Mengenai Tbc Melalui Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Ceramah Dan Video. Chmk Nursing Scientific Journal, 4(September). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.37792/thenursing.v4i3.869


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 148 times
PDF Download : 92 times

DOI: 10.29241/jmk.v8i1.943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.