Rapid Assesment Analisis Beban Kerja Perawat Ruang Isolasi Rawat Inap Non ICU Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Cengkareng

DOI: 10.29241/jmk.v7i2.631

Author

Ni Putu Retno Ariani(1),
(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
Corresponding Author

Full Text

Full Text: View / Download PDF

Article Metrics

Abstract View : 1165 times; PDF Download : 1105 times

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19, tenaga keperawatan merupakan profesi yang sangat dibutuhkan dalam penanganan pasien yang terkonfirmasi Covid-19. Untuk memenuhi kebutuhan jumlah tenaga perawat maka perlu dilakukan analisa beban kerja dan selanjutnya dapat dilakukan perhitungan kebutuhannya. Tujuan penelitian mendeskripsikan dan mengidentifikasi beban kerja perawat di ruang isolasi rawat inap non ICU pelayanan Covid-19 di RSUD Cengkareng yang merupakan salah satu rumah sakit rujukan Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan observasional, data penelitian diambil melalui pengamatan langsung dan wawancara mendalam yang dilakukan selama kurun waktu 5 hari di ruang isolasi rawat inap non ICU. Perhitungan beban kerja menggunakan metode Ilyas, dimana informasi yang dihasilkan untuk mengambil keputusan dapat dipercaya karena setiap transaksi bisnis dapat diukur secara cepat dengan tingkat akurasi yang tinggi. Dengan menghitung beban kerja ini dapat memperkirakan kebutuhan tenaga perawat yang diperlukan dalam perencanaan sumber daya manusia. Hasil perhitungan yang didapatkan yaitu berdasarkan data pasien per-Desember 2020, jumlah pasien yang dirawat di ruang isolasi non ICU untuk pasien Covid-19 berjumlah 251 orang, sedangkan tenaga perawat yang terdiri dari perawat RSUD Cengkareng dan perawat relawan berjumlah 171 orang. Berdasarkan data tersebut, analisa beban kerja dengan metode Ilyas didapatkan nursing time perawat ruang isolasi non-ICU untuk pasien Covid-19 adalah 3,5 jam, dan perhitungan kebutuhan tenaga perawat sebesar 178 orang. Penambahan jumlah tenaga perawat di ruang isolasi rawat inap non ICU di RSUD Cengkareng masih dibutuhkan.  

Keywords: Workload analysis, Nurses Need, Ilyas Method.

 


Keywords

Analisa Beban Kerja, Kebutuhan Tenaga Perawat, Metode Ilyas

References

Astuti, Tri, 2020. Implikasi Manajemen Keperawatan dalam Penanganan Pasien Corona Virus Disease-19 (Covid-19 ) : Literatur Review. Jurusan Keperawatan Politeknik Kemenkes, Surakarta.

Gillies, 1999. Nursing Management : A System Approach, Philadelphia : WB Sanders Company.

Hernawan, Wawan,2020. Pengelolaan SDM Keperawatan Selama Pandemi COVID-19 , Kementerian Kesehatan RI, Jakarta Selatan.

Ilyas, Yaslis, 2017. Perencanaan SDM Rumah Sakit, Teori, Metode, dan Formula, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Depok.

Indrasari,Meithiana, 2020. COVID-19 dan Urgensi SDM Keperawatan, Universitas Dr. Soetomo, Surabaya.

Intruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 55 Tahun 2020 tentang Peningkatan Kapasitas Perawatan Bagi Pasien Corona Virus Disease 2019 (Covid-19 ) Pada Rumah Sakit Umum Daerah dan Rumah Sakit Rujukan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019.

Julianto, Mito, 2016. Peran dan Fungsi Manajemen Keperawatan dalam Manajemen Konflik, RSUP Fatmawati, Jakarta Selatan.

Keputusan Kementerian Kesehataan Nomor 81 Tahun 2004 tentang Pedoman Penyusunan Perencanaan Sumber Daya Manusia Kesehatan di Tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota serta ditingkat Rumah Sakit,

Marquis & Huston., 2000. Leadership Role and Management in Nursing : Theory and Application, Philadelphia : Lippincott.

Mugiyanti, Sri, 2016. Manajemen Kepemimpinan Dalam Praktek Keperawatan, Kementerian Kesehatan RI, Jakarta Selatan.

Pemprov DKI Jakarta. 2020. Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 55 tahun 2020 tentang Peningkatan Kapasitas Perawatan bagi Pasien Corona Virus Disease 2019 (Covid-19 ) Pada Rumah Sakit Umum Daerah dan Rumah Sakit Rujukan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19 )

Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 10 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Keperawatan di Rumah Sakit Khusus.

Supyono, 2020. Pengelolaan SDM Keperawatan Selama Pandemi COVID-19 , Kementerian Kesehatan RI, Jakarta.

Tuwu, Darwin, 2020. Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Pandemi Covid-19 . Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP Universitas Halu Oleo, Kendari

Welda, Astefany, 2017. Analisa Beban Kerja Serta Perhitungan Kebutuhan Perawat di Instalasi Gawat Darurat RSUD Pasar Minggu, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Depok.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.