Implementasi Bauran Komunikasi Pemasaran RS Hermina Karawang di Era Pandemi Covid19

DOI: 10.29241/jmk.v7i2.619

Author

Shita Hayyuning Astiti(1), Yaslis Ilyas(2),
(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
Corresponding Author

Full Text

Full Text: View / Download PDF

Article Metrics

Abstract View : 1124 times; PDF Download : 1607 times

Abstract

Bauran komunikasi pemasaran rumah sakit menjadi satu hal yang vital pada rumah sakit di Indonesia terutama di era pandemi Covid19 yang terjadi sejak tahun 2020. RS Hermina Karawang merupakan salah satu dari empat rumah sakit yang ditunjuk Pemerintah Kabupaten Karawang untuk menjadi rumah sakit rujukan Covid19 di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi elemen bauran promosi/komunikasi pemasaran yang digunakan oleh RS Hermina Karawang di era Covid19. Penelitian ini metode kualitatif dengan menggunakan observasi dan wawancara terstruktur. Didapatkan hasil penelitian bahwa RS Hermina Karawang telah menerapkan seluruh bauran komunikasi promosi pemasaran walaupun ada beberapa yang belum efektif, yaitu periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas, pemasaran langsung, pemasaran interaktif, pemasaran dari mulut ke mulut dan penjualan personal. Selama pandemi berlangsung hubungan masyarakat belum maksimal dilakukan sehingga evaluasi secara spesifik perlu dilakukan untuk mencegah masalah/kendala terjadi berulang.


Keywords

Promotion Mix, Hospital Marketing Communication, Covid Pandemic19

References

A, Shimp, Terence.(2003). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jilid I ( edisi 5), Jakarta :Erlangga.

Herfiza, A. (2018). Komunikasi Pemasaran Rumah Sakit Islam Malahayati dalam Meningkatkan Kunjungan Pasien di Kota Medan. Jom Fisip, 5(1), 1–11.

Hermawati, T., Utari, P., & Arifin, H. (2014). Strategi Komunikasi Pemasaran Rumah Sakit Sebagai Upaya Peningkatan Publisitas. Jurnal Komunikasi Massa, 7(2), 112–120.

Heningnurani, A. Y. (2019). Strategi Pemasaran RSUD H Abdul Manap Kota Jambi. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 5(3), 153–164. http://journal.fkm.ui.ac.id/arsi/article/view/2897

Kafa, R. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pasien Dalam Memilih Jasa Rumah Sakit. Ekibisi, 8(1), 105–122.

Kotler, dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta : Erlangga

Lestari, S. P. (2015). Hubungan Komunikasi Pemasaran Dan Promosi Dengan Keputusan Memilih Jasa Layanan Kesehatan (Studi Pada Rumah Sakit Islam Lumajang). Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 139–147. https://doi.org/10.14710/interaksi,4,2,139-147

Lestari, P., & Rindu, R. (2018). Hubungan Pemasaran Rumah Sakit (Marketing Mix 7P) terhadap Tingkat Kunjungan Pasien. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 7(02), 120–130. https://doi.org/10.33221/jikm.v7i02.114

Listyawati, A. A., & Akbar, M. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Terintegrasi Dalam Meningkatkan Jumlah PengunjungTaman Nasional Kutai Kalimantan Timur. Komunikas KAREBA, 5(1), 163. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/622367

Lumbantoruan, B. M. (2019). Strategi Komunikasi Dalam Promosi RSUD Doloksanggul Tahun 2018. In thesis (Vol. 2009, Issue 75).

Masyfufah, L. (2016). Upaya Social Marketing Guna Meningkatkan Adherence Minum Obat Pasien Upipi Rsud Dr. Soetomo Surabaya. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 2(1), 82. https://doi.org/10.29241/jmk.v2i1.53

Maulana, N. (2020). Menelisik Strategi Pemasaran Rumah Sakit Menggunakan Market Based-Management. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(3), 374. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i3.2527

Rachmi, P. N. (2020). Gambaran Bauran Promosi Unit Pemasaran Rumah Sakit Islam Surabaya. VISIKES: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 19(1), 25–40. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/visikes/article/view/3760

Rahardi, K. P. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Kafe Gulo Jowo di Kota Solo. In Jurnal Manajemen Komunikasi: Vol. 3 (1).

Rahmawati. (2018). Analisis Produk Layanan Rumah Sakit dalam Lingkup Bauran Pemasaran. Administrasi Rumah Sakit, 5(1), 37–41.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Tjiptono, Fandy, Ph.D dan Gregorius Chandra.(2016). Service, Quality & Satisfaction edisi 3 ,Yogyakarta: Andi.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. 2009. diakses di http://dkk.balikpapan.go.id/assets/files/1.UU44-09-RS_.pdf pada tanggal 13 Januari 2021

Wahyuni, D. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Rumah Sakit Mata Pekanbaru Eye Center (PBEC) Dalam Membangun Brand Awareness. In Jom Fisip (Vol. 6, Issue 1).

Wijaya, S., & Adriansyah, A. A. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Marketing Mix 9P Terhadap Kepuasan Pelayanan Klinik Rawat Jalan Rumah Sakit. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 6(1), 28. https://doi.org/10.29241/jmk.v6i1.279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.