Pengaruh Kinerja Petugas Rekam Medis Terhadap Keakuratan Pengkodian Fraktur

DOI: 10.29241/jmk.v7i1.557

Author

Anggia Budiarti Reno susantra(1),
(1) STIKES Sapta Bakti Bengkulu
Corresponding Author

Full Text

Full Text: View / Download PDF

Article Metrics

Abstract View : 1281 times; PDF Download : 1368 times

Abstract

ABSTRAK
Rekam medis merupakan berkas yang berisikan informasi identitas pasien, anamnesa, penentuan fisik laboratorium, diagnosa segala pelayanan dan tindakan medik yang diberikan kepada pasien dan pengobatan baik yang dirawat inap, rawat jalan maupun pelayanan gawat darurat. Informasi medis akan digunakan dalam pengkodean ICD-10. Keakuratan dalam pemberian kode diagnosis merupakan hal yang harus diperhatikan oleh petugas rekam medis, ketepatan data diagnosis sangat penting di bidang manajemen data klinis, penagihan kembali biaya, beserta hallain yang berkaitan dalam asuhan dan pelayanan kesehatan. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan design cross sectional untuk melihat pengaruh kinerja kerja petugas rekam medis (pendidikan, pelatihan, lama kerja dan motivasi) terhadap keakuratan dalam pengkodingan fraktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan (p value = 0,125), pelatihan (p value = 0,758) dan lama kerja (p value = 0,300) tidak mempengaruhi ketepatan pengkodingan. Sedangkan motivasi mempengaruhi ketepatan pengkodingan dengan p value -= 0,008. Motivasi kerja yang berupa reward menimbukan dorongan atau semangat kerja. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kinerja kerja petugas rekam medis tidak mempengaruhi keakuratan pengkodingan fraktur.

Kata kunci : Kinerja, pengkodingan fraktur


Keywords

Kinerja, Pengkodingan Fraktur, Rekam medis

References

Agiwahyuanto, F., Sari, T. I. Dan Shinta O. 2019. “Analisis Ketepatan Koding Dan Kinerja Petugas Di Unit Koding-Indeksing Rumah Sakit Mitra Husada Kota Pring Sewu.” Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia 7.

Ardian, A. 2014. “Keakuratan Kode Diagnosis Penyakit Berdasarkan ICD-10 Di Klinik Praktek Dokter Bersama Lily Yogyakarta.” Tugas Akhir. Yogyakarta: Program Studi D3 Rekam Medis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada.

Ayuningrum, T. A., Wijayanti, R. A., Deharja, A., & Santi, M. W. 2020. “Pendekatan Sistem Dalam Pengelolaan Rekam Medis Di Rumah Sakit Mitra Sehat Situbondo.” J-REMI: Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan 4.

Erawantini, F., & Nurmawati, I. 2017. “Pendidikan Dan Pelatihan Pada Petugas Rekam Medis Sebagai Persiapan Menjadi Clinical Instructure (Ci) Di Puskesmas Jelbuk.”

Isnaini, V. A. 2019. “Strategi Perbaikan Ketidaktepatan Kodefikasi Berkas Rekam Medis Pasien Rawat Jalan Berdasarkan Icd-10 Dengan Pdca Di Puskesmas Sukodono Lumajang.” In Rmik Politeknik Negeri Jember, Jember.

Janah, Friska M., Ibnu Mardiyoko, dan Dwi Astuti. 2015. “Hubungan Kualifikasi Coder Dengan Keakuratan Kode Diagnosis Rawat Jalan Berdasarkan ICD-10 Di RSPAU Dr. S Hardjolukito Yogyakarta.” Artikel Publish Ilmiah.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2008. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 269/Menkes/Per/III/2008 Tentang Rekam Medis. Jakarta.

Ni Kadek Lusi, R. 2016. “Tentang Analisis Ketepatan Pengkodean Diagnosis Berdasarkan ICD-10 Dengan Penerapan Karakter Ke-5 Pada Pasien Fraktur Rawat Jalan Di RSU Mitra Paramedika.”

Pramono, A.E. dan Nuryati. 2012. “Keakuratan Kode Diagnosis Penyakit Berdasarkan ICD-10 Di Puskesmas Gondokusuman II Kota Yogyakarta.” Sekolah Vokasi UGM.

Rohman, H., Hariyono, W. Dan Rosyiah. 2011. “Kebijakan Pengisian Diagnosis Utama Dan Keakuratan Kode Diagnosis Pada Rekam Medis Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta.” Jurnal Kesmas UAD 5.

Susanti Tentrem. 2013. “Studi Tentang Kinerja Petugas Rekam Medis Di Rumah Sakit Persatuan Djamaah Haji Indonesia. Universitas Muhammadiyah Surakarta.”

Widayanti, T. 2017. “Tinjauan Keakuratan Kodefikasi Diagnosis Utama Rawat Inap Kasus Diabetes Mellitus Tahun 2015 Di Rumah Sakit Islam Gondanglegi Malang.” Health Care Media 3.

Widodo. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Pustaka belajar.

Windari, A., dan Anton Kristijono. 2016. “Analisa Ketepatan Koding Yang Dihasilkan Oleh Koder Di RSUD Ungaran.” Jurnal Risat Kesehatan 5.

Yani, S. J.A. 2017. “Ketepatan Pengodean Diagnosis Kasus Fraktur Pada Pasien Rawat Inap Di RSPAU Dr. S. Hardjolukito Yogyakarta.”

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.