Evaluasi Kinerja Puskesmas di Dinkes Kabupaten Jombang Pada Masa Pandemi Covid-19

DOI: 10.29241/jmk.v9i1.1207

Author

Dyan Angesti(1), Emilya Indahyati(2),
(1) STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo, Indonesia
(2) STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo, Indonesia
Corresponding Author

Full Text

Full Text: View / Download PDF

Article Metrics

Abstract View : 429 times; PDF Download : 300 times

Abstract

Pada era Pandemi Corona Virus Disease-19 (Covid-19) seperti saat ini, dunia kesehatan memberi perhatian lebih terkait kinerja dan tingginya tanggung jawab para tenaga kesehatan. Terlebih untuk Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan pertama di masyarakat dibawah kepemimpinan seorang Kepala Puskesmas (Kapus), dimana mereka harus tetap menjalankan program rutin lainnya yang menjadi tanggung jawabnya. Tujuan penelitian ini untuk menguji hubungan kinerja Puskesmas dengan mutu pelayanan kesehatan pada fasilitas kesehatan tingkat pertama (Puskesmas) di Dinkes Kabupaten Jombang pada masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini bersifat analitik korelasi, dilaksanakan di 34 puskesmas Kabupaten Jombang pada bulan Januari 2021 sampai dengan bulam Desember 2021. Pengumpulan data dilakukan 30 Januari – 30 Juni 2021. Dengan narasumber Kapus dan pasien di 34 Puskesmas. Hasil penelitian didapatkan profile Kapus sebanyak 34 responden dengan reponden yang berpartisipasi adalah perempuan (73,5%), masa kerja 11-2- tahun (61,8%). Pendidikan terakhir tertinggi dari S1 (70,6%). Profile Pasien di 34 Puskesmas Kabupaten Jombang sebanyak 1020 responden menunjukkan bahwa perempuan (77,5%), dan Pendidikan terakhir tertinggi dari SMA (42,7%). Kinerja Puskesmas dengan total nilai sebesar 3530 dalam kategori baik; Mutu layanan Puskesmas dengan total nilai sebesar 65478 dalam kategori baik; dan hasil uji hubungan terdapat temuan ada hubungan antara kinerja dengan mutu. Dengan koefisien korelasi sebesar 0,832, artinya tingkat kekuatan hubungan antara kinerja dengan mutu adalah sangat kuat, bernilai positif dan hubungan kedua variabel tersebut bersifat searah.


Keywords

Kinerja, Mutu Layanan, Puskesmas, Covid-19

References

Amir, A., Noerjoedianto, D. and Herwansyah, H. (2019) ‘Studi Kualitatif Tentang Peran Kepala Puskesmas di Kabupaten Tanjung Jabung Barat Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan’, Jurnal Kesmas Jambi, 3(1), pp. 55–61.https://doi.org/10.22437/jkmj.v3i1.7646

Apriani, M. and Sureskiarti, E. (2021) ‘Hubungan Kinerja Perawat Terhadap Daya Tanggap Mutu Pelayanan Keperawatan Di RSIA Quratta A’yun Samarinda Tahun 2020’, Borneo Student Research (BSR), 2(2), pp. 987–993.https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/1585

Cahyono, A.D. (2021) ‘(Library Research) Peranan Pengembangan Manajemen Kinerja Tenaga Administrasi Kesehatan Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas: The Role Of Development Of Performance Management Of Health Administration On Improving The Quality Of Health Services In Community Health Centers’, Jurnal Ilmiah Pamenang, 3(2), pp. 28–42.https://doi.org/10.53599/jip.v3i2.81

Darmawan, W. (2006) ‘Manajemen Kinerja: Konsep, Desain, dan Teknik Meningkatkan Daya Saing Perusahaan’. Jakarta: Penerbit Erlangga. Dwiyanto, A. (2006) ‘Mewujudkan Good Governance Melayani Publik’, Gadjah Mada University, Yogyakarta [Preprint].

Hasanah, Y., Dai, R.M. and Sari, D.S. (2020) ‘Implementasi kebijakan fungsi puskesmas selama pandemi COVID 19 di Puskesmas Margahayu Selatan Kabupaten Bandung’, Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik, 3(4), pp. 223–239.https://doi.org/10.24198/responsive.v3i4.33339

Kandou, Y.L. (2016) ‘Pengaruh knowledge management, skill dan attitude terhadap kinerja karyawan (studi pada PT. Bank Sulutgo Kantor Pusat di Manado)’, Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(1).https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/10623

Kemenkes, R.I. (2019) ‘Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat’, Jakarta: Kemenkes RI [Preprint].

Khoiriyah, L.S. and Alkadafi, M. (2020) ‘Kinerja Organisasi Publik Dalam Mencapai Target Sasaran’, Jurnal Kebijakan Publik, 11(2), pp. 97–104.http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v11i2.7918

Kristiandi, T.D. and Widowati, N. (2015) ‘Analisis Kinerja Puskesmas Karangayu Kota Semarang’, Journal of Public Policy and Management Review, 4(4), pp. 1–10.https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/9117

Mangkunegara, A.A.A.P. (2011) ‘Manajemen sumber daya manusia perusahaan’.

Primelia, A. and Mudayana, A.A. (2019) ‘Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Tenaga Kesehatan Di Seluruh Puskesmas Kota Yogyakarta’.https://eprints.uad.ac.id/14974/

Ratminto, A.S.W. and Septi, A. (2005) ‘Manajemen pelayanan’, Yogyakarta: pustaka pelajar [Preprint]. Saraswati, N.K.P., Vidyastuti, V. and Kur’ani, N. (2022) ‘Hubungan Antara Resiliensi Dan kinerja Pegawai Dimasa COVID-19 Di Puskesmas Sejangkung Kabupaten Sambas’, Eksistensi, 4(2).http://dx.doi.org/10.29406/eksis.v4i2.4493

Tahir, M., Handayani, S. and Sukarta, A. (2022) ‘Hubungan Organisasi dengan Peningkatan Mutu Pelayanan Puskesmas Baranti Kabupaten Sidrap’, Journal of Global Research in Public Health, 7(1), pp. 35–40.https://doi.org/10.30994/jgrph.v7i1.369

Torang, D. (2014) ‘Syamsir’, Organisasi & Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya & Perubahan Organisasi). Bandung: Alfabeta [Preprint].

Wardani, R.K. (2019) ‘Pengaruh Kinerja Pelayanan Dan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Gunung Sugih’, JURNAL SIMPLEX, 2(3).https://fe.ummetro.ac.id/ejournal/index.php/JS/article/view/409

Widianti, R.F. et al. (2018) ‘Kinerja Pegawai Puskesmas Dalam Pelayanan Kesehatan Di Kecamatan Sangatta Selatan Kabupaten Kutai Timur’, EJournal Ilmu Pemerintahan, 6(1), pp. 185–198.https://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/?p=2736

William, N.D. (2003) ‘Pengantar analisis kebijakan Publik’, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta [Preprint].

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.