Sosialisasi Pencegahan Low Back Pain pada Petugas Rekam Medis di Rumah Sakit Wiyung Sejahtera Surabaya

DOI: 10.29241/jaj.v2i1.1510

Author

Rahma Widajati(1),
(1) Stikes Yayasan RS Dr Soetomo
Corresponding Author

Full Text

Full Text: View / Download PDF

Article Metrics

Abstract View : 123 times; PDF Download : 83 times

Abstract

Low Back Pain (LBP) merupakan salah satu gangguan muskuloskeletal dengan gejala utamanya yaitu rasa nyeri di daerah tulang belakang bagian punggung. LBP merupakan suatu penyakit akibat kerja yang diderita pekerja dalam hubungan dengan kerja, baik faktor risiko karena kondisi tempat kerja, peralatan kerja, material yang dipakai. Pada penyakit LBP, dapat timbul komplikasi antara lain menurunnya kemampuan fungsional dan cara kerja penderita sebagai akibat aktivitas kerja berat, mengangkat barang berat, duduk atau berdiri lama. Untuk pelaksanaan kegiatan sosialisasi dilakukan dengan menggunakan dua metode yaitu: presentasi, tanya jawab serta praktek. Hasil dari sosialisasi yang diikuti oleh 15 peserta, dimana peserta aktif bertanya dan ikut mempraktekkan gerakan peregangan William Flexion Exercise. Pencegahan penyakit low back pain terhadap petugas kesehatan dan masyarakat secara umum perlu dilakukan oleh karena dapat timbul komplikasi antara lain menurunnya kemampuan fungsional dan cara kerja penderita, yang pada akhirnya dapat merugikan rumah sakit atau institusi tempat bekerja. Pencegahan penyakit low back pain pada petugas kesehatan perlu dilaksanakan secara berkesinambungan supaya jumlah ketidakhadiran petugas kesehatan yang ditimbulkan akibat tirah baring lama yang merupakan komplikasi low back pain dapat dihindari.


Keywords

low back pain, exercise, pmik

References

Saputra A. Hubungan Usia, Sikap Kerja, dan Masa Kerja, dengan Keluhan Low Back Pain (LBP) pada Pengrajin Batik di Batik Semarang 16. 2020;

Andini F. Risk factors of low back pain in workers. Majority. 2015;4:12–9.

Nurindasari. Gambaran Kejadian Low Back Pain Pada Pegawai Rektorat UIN Alauddin Makassar. 2016;

Pirade A, Angliadi E, Sengkey LS. Hubungan Posisi Dan Lama Duduk Dengan Nyeri Punggung Bawah (NPB) Mekanik Kronik Pada Karyawan Bank. J Biomedik. 2013;5:98–104.

Umami AR, Hartanti RI, Dewi A. Hubungan antara Karakteristik Responden dan Sikap Kerja Duduk dengan Keluhan Nyeri Punggung Bawah ( Low Back Pain ) Pada Pekerja Batik Tulis ( The Relationship Among Respondent Characteristic and Awkward Posture with Low Back Pain in Batik Workers ). e-Jurnal Pustaka Kesehatan,. 2014;2(1):72–8.

Tanderi EA, Hendrianingtyas M. Hubungan Kemampuan Fungsional Dan Derajat Nyeri Pada Pasien Low Back Pain Mekanik Di Instalasi Rehabilitasi Medik Rsup Dr. Kariadi Semarang. J Kedokt Diponegoro. 2017;6(1):63–72.

Kurniawan H. Pengaruh williams’ flexion exercises terhadap mobilitas lumbal dan aktivitas fungsional pada pasien dengan nyeri punggung bawah mekanik subakut dan kronik. 2004.

Harwanti S, Cahyo PJN. Pengaruh Latihan Peregangan (William Flexion Exercise) Terhadap Penurunan Low Back Pain Pada Pekerja Batik Tulis di Desa Papringan Kecamatan Banyumas. Prosiding, Pengemb Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan VIII. 2019;(November):12–8.

Hernawati D, Amin M. Analisis Self Efficacy Mahasiswa Melalui Kemampuan Presentasi di Kelas. Educ Hum Dev J. 2017;02:26–33.

Fathoni H, Handoyo, Swasti KG. Hubungan sikap dan posisi kerja dengan Low Back Pain Pada Perawat Di RSUD Purbalingga. 2009;4(3):131–9.

Dachlan LM. Pengaruh Back Exercise Pada Nyeri Punggung Bawah. Universitas Sebelas Maret; 2009.

Lailani TM. Hubungan Antara Peningkatan Indeks Massa Tubuh Dengan Kejadian Nyeri Punggung Bawah Pada Pasien Rawat Jalan Di Poliklinik Saraf Rsud Dokter Soedarso Pontianak. Pontianak; 2013.

Kusuma H, Setiowati A. Pengaruh William Flexion Exercise Terhadap Peningkatan Lingkup Gerak Sendi Penderita Low Back Pain. J Sport Sci Fit. 2015;4(3):16–21.

Amelia G. Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Low Back Pain Myogenic Di Rst Dr. Soejono Magelang. Surakarta; 2016.

Simanjuntak E, Silitonga E, Aryani N. Latihan Fisik Dalam Upaya Pencegahan Low Back Pain (LBP). J Abdidas. 2020;1(3):119–24.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Abdimas Jatibara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.