Sosialisasi Aplikasi Cek Status Gizi Online Data Rekam Medis Balita Berbasis Website

Amir Ali(1), Eka Wilda Faida(2),


(1) STIKES Yayasan RS Dr.Soetomo
(2) STIKES Yayasan RS Dr.Soetomo
Corresponding Author

Abstract


Di Indonesia, permasalahan status gizi menjadi masalah yang sangat kompleks dan penting. Berdasarkan buku profil kesehatan Kabupaten Sidoarjo tahun 2018, pada empat tahun terakhir tren gizi buruk selalu naik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikan aplikasi teknologi informasi yang dapat digunakan berbagai  kegiatan yang diselenggarakan di posyandu puri sejahtera 3 terutama terkait permasalahan status gizi balita. Metode yang digunakan yaitu dalam bentuk kegiatan sosialisasi kepada masyarakat terutama kepada ibu-ibu dan balita. Kegiatan ini dihadiri oleh 14 peserta yang terdiri dari ibu-ibu dari balita. Acara ini bersifat lebih interaktif  karena tidak hanya menyerap ilmu dari narasumber saja, tetapi ibu-ibu dari balita dan kader posyandu dapat bertanya dan melakukan diskusi tentang penggunaan aplikasi cek status gizi online. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini diikuti oleh 14 orang peserta. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa target peserta tercapai 100%. Ketercapaian target materi yang dibahas oleh narasumber adalah telah tersampaikan semua, hal ini sudah sesuai dengan apa yang tertulis dalam format PPT untuk sosialisasi dan penyampaian materi tentang penggunaan aplikasi cek status gizi online dengan memanfaatkan data rekam medis balita menggunakan aplikasi berbasis website. Kegiatan sosialisasi ini dapat diselenggarakan dengan baik. Pengetahuan dan pemahaman serta ketertarikan peserta tentang materi sosialisasi yang disampaikan bertambah. Hal ini terbukti dengan adanya kegiatan tanya jawab seputar penggunaan aplikasi cek status gizi online berbasis website baik dari segi penggunaan dan manfaatnya

Keywords


Balita, Status gizi, Posyandu, Aplikasi, Sosialisasi

References


F. I. Supariasa, IDN, Bakri Bachyar, Penilaian Status Gizi. Jakarta: EGC, 2002.

J. I. C. A. Soetjiningsih, Departemen Kesehatan, Petunjuk Teknik Penggunaan Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta, 2016.

R. A. H. Reni Merta Kusuma, “Antropometri Pengukuran Status Gizi Anak Usia 24-60 Bulan Di Kelurahan Bener Kota Yogyakarta,” J. Med. Respati, vol. 13, p. 2, 2018.

A. S. Putra, “Klasifikasi Status Gizi Balita Menggunakan Naive Bayes Classification (Studi Kasus Posyandu Ngudi Luhur),” Yogyakarta, 2018.

Susilowati, “Pengukuran Status Gizi dengan Antropometri Gizi,” Cimahi, 2008.

V. Muntihana, “Analisis dan perancangan sistem informasi berbasis web dan android pada klinik gigi lisda medica di kabupaten bulukumba sulawesi selatan,” 2017.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 26 times
PDF Download : 12 times

DOI: 10.29241/jaj.v1i1.1005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Abdimas Jatibara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.