Upaya Social Marketing Guna Meningkatkan Adherence Minum Obat Pasien Upipi Rsud Dr. Soetomo Surabaya

DOI: 10.29241/jmk.v2i1.53

Author

Lilis Masyfufah(1),
(1) STIKES Yayasan RS.Dr.Soetomo
Corresponding Author

Full Text

Full Text: View / Download PDF

Article Metrics

Abstract View : 754 times; PDF Download : 495 times

Abstract

ABSTRAK
HIV adalah infeksi yang disebabkan oleh virus yang menyerang kekebalan tubuh manusia. ARV Therapy (ART) harus dilakukan secara rutin dan seumur hidup. Tantangan utama ART yaitu membutuhkan adherence tinggi. Di UPIPI RSUD Dr. Soetomo, persentase pasien dengan adherence tinggi, dari 2010 – Mei 2014 rerata pertumbuhannya rendah, sebaliknya, pasien dengan adherence rendah, semakin meningkat pertumbuhannya. Salah satu bentuk penyadaran pasien tentang pentingnya adherence adalah melalui social marketing. Tujuan dari social marketing adalah mempengaruhi konsumen untuk mengubah perilaku demi meningkatkan kesehatan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah menyusun rekomendasi social marketing guna peningkatan adherence pasien.
Metode penelitian pada penelitian ini adalah cross sectional, observasional dengan diskriptif analitik. Hasil dari penelitian menunjukkan faktor karakteristik dan faktor IMB Model yang berhubungan dengan tingkat adherence pasien adalah keikutsertaan dalam organisasi, keterjangkauan biaya pengobatan, informasi tentang terapi ARV, yang didalamnya terdapat informasi régimen, manfaat ARV, cara kerja obat ARV, dan pentingnya adherence, serta motivasi minum obat ARV dari orang terdekat sekitar pasien.
Berdasarkan data tersebut, maka disusunlah rencana social marketing yang bertema hidup berkualitas dengan minum ARV tuntas. Kegiatannya meliputi menyelenggarakan penyuluhan, menginformasikan tentang manfaat obat ARV dan cara kerja obat ARV dengan menggunakan metode konseling, mengoptimalkan LSM untuk melakukan pendampingan, melalui internet yaitu website dan media sosial rumah sakit, dan leaflet. Selain itu membiasakan pasien minum obat secara rutin dengan selalu mengingat memasukkan obat ARV ke dalam kotak obat dan membentuk peer group yang berfungsi untuk saling mengingatkan dan memberikan motivasi antar sesama pasien.


Keywords

Peningkatan adherence, social marketing, IMB Model

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Lilis Masyfufah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.