Penurunan Tekanan Darah Dengan Relaksasi Autogenik Dan Guided Imagery Pada Pasien Hipertensi

DOI: 10.29241/jmk.v4i2.116

Author

Erni Surmarliyah(1), Dede Nasrullah(2),
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya
(2) Universitas Muhammadiyah Surabaya
Corresponding Author

Full Text

Full Text: View / Download PDF

Article Metrics

Abstract View : 1482 times; PDF Download : 887 times

Abstract

ABSTRAK


Hipertensi merupakan faktor penyebab utama kematian karena stroke dan faktor yang dapat memperberat Infark Miokard(serangan jantung). Adapun tujuan dalam  penelitian ini adalah mempelajari perbedaan pengaruh terapi guided imagery dan relaksasi autogenik terhadap penurunan tekanan darah. Desain dalam penelitian ini adalah penelitian Pra Experimental dengan menggunakan pendekatan pre dan post tes.Kelompok perlakuan 1 diobservasi tekanan darah sebelum dan sesudah intervensi relaksasi Autogenik.Pada kelompok perlakuan 2 diobservasi tekanan darah sebelum dan sesudah relaksasi Guided Imagery. Kelompok ke 3 juga diobservasi sebelum dan sesudah perlakuan dengan menggunakan kombinasi relaksasi Autogenik dan Guided Imagery.Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang dirawat di rumah sakitdengan tehnik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan melalui kuesioner dan observasi. Diolah dan dianalisis dengan menggunakan uji statistik Wilcoxondengan α 0,05. Hasil penelitian didapatkan ketiga metode signifikan terhadap penurunan tekanan darah. Metode Guided Imagery (α=0,25) lebih signifikan dari pada Kombinasi Guided Imagery dan Autogenik (α=0,38), sedangkan Kombinasi Guided Imagery dan Autogenik lebih signifikan dari pada Autogenik (α=0,46).

Kata Kunci : Relaksasi Autogenik, Guided Imagery, Hipertensi


Keywords

Hipertensi

References

Azis A.H (2007), Metode Penelitian Keperawatan dan Tehnik Analisa Data. Salemba Medika, Jakarta.

Hussain M, Mamun A, Reid C, RR H. 2016. Prevalence, Awareness, Treatment and Control of Hypertension in Indonesian Adults Aged ≥40 Years: Findings from the Indonesia Family Life Survey (IFLS). PLoS ONE. Aug: p. 1-6.

K.I. Oberg, R.T.Garrod, E.F.van Dishoeck, H.Linnartz. Physicians' health practices strongly influence patient health practices. J R Coll Physicians Edinb. 2009 Dec;39(4): 290–291 .

Nasrullah D, Wibowo AN. Efektifitas Terapi Muscong (Musik Keroncong) Untuk Menurunkan Intensitas Nyeri Pada Pasien Arthitis Rhemathoid (Studi Kasus Panti Werdha Surabaya Timur). Jurnal Keperawatan Muhammadiyah. 2016: p. 115-121.

Potter. P. A. & Perry, A.G. (2006). Fundamental of nursing : concept, process, and practice. Edisi 4 Vol 2 (Terjemahan Yasmin Asih, et al). Jakarta : EGC.

Riskesdas. (2013). Badan Penelitian dan Pengembagan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI. Jakarta, Bakti Husada.

Synder,M. & Lindquist, R (2006), Complementary/Alternative Therapies in nursing (4th ed) New York Springer Publishing Company Penyakit

Varvogli Liza, C. Darviri. 2011. Stress Management Techniques: evidence-based procedures that reduce stress and promote health. Health sciece journal. April:p74-89.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.